Antisipasi Covid-19, ASN Dinas Arpusda Gorontalo Gelar Rapid Test

Antisipasi Covid-19, ASN Dinas Arpusda Gorontalo Gelar Rapid Test

14/08/2020 16:15 0 By Alex

Suasana rapid test di lingkungan dinas Arpusda Provinsi Gorontalo.

Hulondalo.id – Dinas Kesehatan melakukan rapit test bagi ASN di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Provinsi Gorontalo, Jumat (14/8/2020).

Kegiatan ini merupakan upaya screening penyebaran virus corona di perkantoran.

Sejumlah pejabat Dinas Arpusda pun terlihat dengan tertib mengikuti proses rapid test ini. Mereka di antaranya Kepala Dinas Arpusda Provinsi Gorontalo, Sul A Moito bersama pejabat administrator, pejabat pengawas serta pejabat fungsional.

“Kami banyak berterima kasih kepada para pejabat yang telah menerima kunjungan tim dari Dinas Kesehatan untuk melaksanakan tugas rapid ini,” kata Novariani Nasibu, unsur Dinas Kesehatan saat memimpin kegiatan rapid test tersebut.

Novariani menjelaskan, tujuan rapid test ini adalah untuk mendeteksi anti bodi yaitu lgm dan lgG yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan virus corona. Antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus corona.

Kepala Dinas Arpusda Provinsi Gorontalo, Sul A Moito menyampaikan bahwa masih banyak anggapan yang salah di tengah masyarakat terkait penggunaan istilah rapid test.

Masih banyak yang sering mengira bahwa rapid test digunakan untuk mendeteksi covid-19, padahal kenyataannya tidak demikian.

“Rapid test adalah tahapan screening dan bukan pendeteksian. Itu berarti pengecekan atau diagnosa yang bersangkutan positif terinfeksi Covid-19 atau tidak. Jadi rapid test ini hanya mendeteksi antibodi yang diproduksi oleh tubuh kita apakah reaktif atau non reaktif dan untuk lebih mengetahui seseorang terpapar Covid 19 tentu dengan tes PCR atau SWAB test,” terang Sul.(adv/alex)