Antisipasi Dampak Siklon Tropis, Polda Gorontalo Gelar Apel Kesiapsiagaan

Antisipasi Dampak Siklon Tropis, Polda Gorontalo Gelar Apel Kesiapsiagaan

16/04/2021 16:55 0 By Alex

Polda Gorontalo - siklon tropis

apel gelar pasukan dalam rangka antisipasi dampak badai siklon tropis 94W yang digelar di Polda Gorontalo, Jumat (16/4/2021). (F. Humas Polda)

Hulondalo.id – Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim turut menghadiri apel gelar pasukan dalam rangka antisipasi dampak badai siklon tropis 94W yang digelar di Polda Gorontalo, Jumat (16/4/2021).

Hadir pula pada apel gelar pasukan yang dipimpin Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus itu masing-masing Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, Kepala BPBD dan Kepala Basarnas Provinsi Gorontalo serta perwakilan sejumlah institusi lainnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus menekankan kepada seluruh instansi tanggap bencana untuk meningkatkan kewaspadaan atas potensi cuaca ekstrim seperti angin puting beliung dan hujan lebat yang disertai petir.

Selain itu juga kewaspadaan terhadap dampak yang ditimbulkan seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor hingga pohon tumbang.

“Siapkan dan kelola seluruh sumber daya yang ada baik personil, logistik, peralatan, serta sarana prasarana lainnya,” tegas Kapolda.

Polda Gorontalo - siklon tropis

Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim bersama Kapolda Gorontalo Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito dan sejumlah otoritas terkait pada apel gelar pasukan dalam rangka antisipasi bencana alam siklon tropis yang digelar di Polda Gorontalo, Jumat (16/4/2021). (F. Gusti)

Sebelumnya, BMKG telah mendeteksi adanya potensi bibit siklon tropis di Samudera Pasifik dari timur laut Papua yang akan menguat dalam sepekan ke depan.

Bibit siklon tropis akan mempengaruhi wilayah bagian utara Indonesia khususnya daerah timur seperti Sulawesi, termasuk Gorontalo, Kepulauan Maluku, Papua Barat dan Papua.

Siklon tropis akan menyebabkan terjadinya potensi peningkatan hujan lebat hingga sangat lebat yang disertai angin kencang dan gelombang tinggi yang diperkirakan terjadi pada tanggal 13 sampai 19 April 2021.

“Saya mengharapkan melalui apel ini kita semua tahu persis apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam penanggulangan bencana,” kata Wakil Gubernur Idris Rahim.(adv/alex)