Antisipasi Konflik Sosial Pilkada, Polda Gorontalo Latihan Sispamkota

Antisipasi Konflik Sosial Pilkada, Polda Gorontalo Latihan Sispamkota

19/11/2020 20:48 0 By Alex

Polda Gorontalo Latihan Sispamkota

Kabag Ops Polres Bone Bolango, AKP Cakra Donya saat menyimulasikan Sispamkota metode Tactical Floor Game dalam rangka menghadapi kontijensi konflik sosial Pilkada Serentak Tahun 2020 di aula Titinepo Mapolda Gorontalo, Kamis (19/11/2020). (F. Haris/Humas)

Hulondalo.id – Polda Gorontalo menggelar latihan Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) untuk menghadapi kontinjensi konflik sosial Pilkada Serentak tahun 2020.

Latihan Sispamkota digelar dengan metode Gladi Posko dan Tactical Floor Game (TFG) di aula Titinepo Mapolda Gorontalo, Kamis (19/11/2020).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua KPU Provinsi Gorontalo bersama jajaran KPU Kabupaten penyelenggara Pilkada, Bawaslu Provinsi Gorontalo, Kepala Dinas Satpol PP Provinsi Gorontalo, serta para pejabat utama Polda Gorontalo dan Korem 133/Nani Wartabone.

“Ini salah upaya kita untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Simulasi ini sangat penting agar setiap pelaksanaan penanganan kontinjensi yang sifatnya mendadak terkait konflik sosial pada Pilkada Serentak 2020, kita mampu memaksimalkan Sispamkota yang telah disusun sebelumnya untuk mengeliminir tindakan yang bersifat anarkis,” kata Kapolda Gorontalo, Irjen Pol Akhmad Wiyagus.

Pilkada Serentak yang akan dihelat pada 9 Desember 2020 merupakan agenda demokrasi yang memiliki karakteristik dan potensi kerawanan yang khas dan sangat rentan terhadap timbulnya konflik.

Guna mengantisipasi terjadinya konflik sosial tersebut, dia menegaskan pentingnya sinergitas seluruh pihak terkait, mulai dari penyelenggara Pilkada, peserta Pilkada, masyarakat, pemerintah daerah, serta jajaran Kepolisian dan TNI.

Sementara itu, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengatakan, faktor keamanan menjadi salah satu penentu suksesnya penyelenggaraan Pilkada Serentak. Lingkungan yang aman dan kondusif itu tidak datang begitu saja, tetapi harus ada upaya bersama dari seluruh pihak yang terkait.

“Latihan Sispamkota yang digelar Polda Gorontalo ini merupakan salah satu ikhtiar kita bersama agar penyelenggaraan Pilkada Serentak di 3 kabupaten di Provinsi Gorontalo bisa berlangsung aman, lancar, sukses, serta bermartabat dan berintegritas,” kata Idris.

Danrem 133/Nani Wartabone, Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito pun menilai, simulasi Sispamkota sangat tepat dalam menyatukan persepsi seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak.

Menurutnya, dengan persepsi dan konsep berpikir yang sama dari seluruh pihak, akan lebih mudah mengambil langkah-langkah antisipatif terhadap berbagai permasalahan yang timbul dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini kita memiliki persepsi dan konsep berpikir yang sama dalam rangka mengambil langkah-langkah, sehingga kondisi sosial di lingkungan kita tetap kondusif,” tutur Bagus.(adv/alex)