Antisipasi Plagiasi, Judul Tesis Mahasiswa PPs STIA Diverifikasi

Antisipasi Plagiasi, Judul Tesis Mahasiswa PPs STIA Diverifikasi

07/01/2021 22:14 0 By Maman

Verifikasi Tesis STIA Bina Taruna

Direktur PPs STIA Bina Taruna Gorontalo, Prof. Dr. Arifin Tahir, M.Si saat memimpin proses verifikasi judul tesis mahasiswa pascasarjana guna menghindari plagiasi didampingi Ketua SPI, Dr. Hj. Titin Dunggio M.Si, M.Kes. (FOTO : Humas/Mulki)

Hulondalo.id – Program Pascasarjana (PPs) Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bina Taruna Gorontalo, memang terkenal akan ketelitiannya terhadap penelitian para mahasiswa.

Hal ini dibuktikan dengan digelarnya verifikasi judul tesis mahasiswa angkatan XXVI. Kegiatan yang digelar di Ruang Sidang Kampus Bina Mandiri Gorontalo ini dipimpin oleh Direktur PPs Prof. Dr. Arifin Tahir, M.Si didampingi Ketua Sistem Pengendalian Internal (SPI), Dr. Hj. Titin Dunggio M.Si, M.Kes, Asisten Direktur 1, Dr. Sri Yulianti Mozin, serta Ketua Program Studi PPs, Djamila Podungge M.Si, Kamis (7/1/2021) kemarin.

Menurut Prof. Arifin Tahir atau yang akrab disapa Prof Arta, kegiatan ini merupakan salah satu upaya preventif akan terjadinya hal hal yang tidak diinginkan kedepan.

“Adapun tujuan dari perumusan ini, kami berharap jika judul tesis yang diajukan oleh para mahasiswa ini terhindar dari yang namanya plagiasi, sehingga judul yang diajukan merupakan permasalahan terbaru dan belum atau tidak menyerupai judul judul dari mahasiswa angkatan sebelumnya,” ujarnya.

Tak hanya itu, kegiatan perumusan judul tesis ini juga merupakan tahapan awal pada saat mahasiswa memperoleh SK pembimbingan tesis.

“Dalam perumusan ini kami melibatkan beberapa dosen penguji baik dari lingkungan eksternal maupun internal, mekanismenya adalah, 51 mahasiswa akhir ini mengajukan 3 judul, dan diverifikasi menjadi 1 judul pilihan para verifikator,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut juga turut dihadiri Widyaiswara Ahli Utama, Dr. Anis Naki. (ais/rls)