Antisipasi Tiket Pesawat, Anggaran Perjalanan Dinas Naik ? Ini Langkah BPKAD Pohuwato

Antisipasi Tiket Pesawat, Anggaran Perjalanan Dinas Naik ? Ini Langkah BPKAD Pohuwato

19/12/2018 20:07 0 By Alex

Para PNS di Kabupaten Pohuwato saat melakukan aktivitasnya. (foto dok tahun 2008)

Hulondalo.id – Kenaikan harga tiket pesawat cukup membebani semua pihak, tak terkecuali anggaran perjalanan dinas dari pemerintah daerah.

Namun sejumlah pemda di Gorontalo rupanya mulai mengambil langkah antisipatif sehubungan dengan spekulasi kenaikan harga tiket pesawat hingga triwulan I 2019 mendatang.

Seperti yang dilakukan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pohuwato, sejumlah langkah pun ditempuh untuk meminimalisir pengeluaran berlebih ketika harga tiket pesawat naik.

“Jadi, bicara anggaran perjalanan dinas tahun depan itu tetap. Tapi sesuai dengan hasil rapat kita baru-baru ini dengan bapak Bupati Syarif Mbuinga, kita fokus batasi frekwensinya,” ujar Kepala Bidang Anggaran, BPKAD Pohuwato, Suwartono Hulawa, kepada Hulondalo.id, Rabu (19/12/2018).

Saat ini rata-rata perjalanan dinas untuk tiket PP dibanderol Rp 4 Juta. Dia mencontohkan, jika perjalanan dinas dilakukan selama 5 hari, maka untuk langkah antisipatif dibatasi menjadi 4 hari. Jumlah hari, kata pria yang akrab disapa pak Ono ini, dibatasi untuk mengantisipasi keterbatasan anggaran.

“Jadi kita tidak tambah nilainya, volumenya yang kita kurangi. Tapi tidak mengganggu tugas,” tandas dia.(hl/alex)