APBDes Wajib Alokasikan Dana Kualitas Hidup & Kesehatan Masyarakat

APBDes Wajib Alokasikan Dana Kualitas Hidup & Kesehatan Masyarakat

23/09/2020 13:26 0 By Maman

Kepala DMPD Tulungagung, Eko Asistono saat memberikan pemaparan materi kepada para Sekdes. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – APBDes kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tulungagung, Eko Asistono, wajib mengalokasikan dalam Dana Desa, urusan peningkatan kualitas kesehatan dan hidup masyarakat.

Bahkan kata Eko, alokasi dana desa untuk sektor tersebut, menjadi perhatian pemerintah dan fokus dalam pembangunan. Untuk merealisasikan urusan tersebut, Dinas DPMD Kabupaten Tulungagung menggelar acara Diseminasi Peningkatan Klasifikasi Perlindungan Anak dan Forum Anak Desa, dalam APBDes Tahun 2020 di Aula Kantor DPMD, Rabu (23/09/2020).

“Fokus kegiatan ini, untuk mengalokasikan dana desa bagi perlindungan ibu dan anak,” kata Eko Asistono.

Menurutnya, pembanguan SDM itu sangat penting. Dengan mengalokasikan dana desa pada urusan tersebut, mampu meningkatkan derajat dan kualitas kesehatan, sehingga masalah stunting di Tulungagung bisa menurun.

Dia berharap, setelah pemerintah desa mengalokasikan dana desa pada masalah itu, maka kurun waktu 1 atau 2 tahun kedepan, ada hasil yang signifikan. Saat ini kata Eko, masih dalam perencanaan. Sehingga, ditahun 2021 menurutnya, belum signifikan.

“Namun harapan kami, di tahun 2022 sudah bisa signifikan hasilnya,” jelasnya.

Selain menurunkan angka stunting, melalui peningkatan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat Tulungagung ini, juga diharapkan bisa menurunkan angka kemiskinan di Tulungagung.

Acara tersebut diikuti seluruh desa di 4 Kecamatan di Tulungagung yaitu Kecamatan Besuki, Pagerwojo, Kauman dan Karangrejo dengan sistem manual oleh para Sekretaris Desa dan virtual yang diikuti Kades, Pengurus PKK dan Forum Anak Desa. (Sururi)