Aplikasi New Siransija Pemprov Gorontalo Diluncurkan, Mulai Berlaku Kapan?

Aplikasi New Siransija Pemprov Gorontalo Diluncurkan, Mulai Berlaku Kapan?

03/12/2020 23:19 0 By Alex

Aplikasi New Siransija

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba didampingi Kepala BKD dan Kabid Mutasi BKD Provinsi Gorontalo saat launching aplikasi New Siransija secara virtual, Kamis (3/12/2020). (F. Nova/humas).

Hulondalo.id – Aplikasi New Siransija (Sistem Pengukuran Prestasi Kinerja) diluncurkan secara virtual oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba, Kamis (3/12/2020).

Formulasi baru aplikasi New Siransija merupakan upaya Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam mengukur kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Aparatur Sipil Negara (ASN).

Aplikasi Siransija sejatinya telah berjalan sejak Tahun 2016 di lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo. Namun dalam penilaian Siransija yang lama masih berorientasi pada penilaian kehadiran tepat waktu, bukan berdasarkan penilaian kinerja yang objektif.

“Saya itu kadang-kadang sakit hati kalau teman-teman sudah kerja, tapi tidak dinilai. Mudah-mudahan dengan sistem yang baru ini, kerja-kerja bapak ibu itu terukur,” harap Darda.

Di dalam formulasi terbaru Siransija, setiap PNS mewajibkan pendokumentasian aktivitas kerja secara harian berdasarkan penetapan target SKP wajib memenuhi target kinerja 300 menit setiap hari.

Selain itu, setiap PNS juga nantinya akan lebih aware dengan penyusunan SKP tahunan sesuai dengan kaidah yang berlaku.

“Jadi PNS tidak lagi menyusun SKP sesuai dengan keinginannya. Jika SKP tidak tersusun dengan baik dan benar, maka sudah dipastikan akan berpengaruh pada SKP bulanan dan harian dan tentunya juga berpengaruh pada penagihan TKD (Tunjangan Kinerja Daerah),” kata Darda.

Terpisah, Kepala BKD Provinsi Gorontalo, Zukri Surotinojo mengatakan, penggunaan New Siransija ini efektifnya berlaku mulai Januari 2021. Meski demikian, ada permintaan agar penerapannya dilakukan mulai pekan depan sebagai percontohan. Kemudian akan dievaluasi apakah sesuai dengan harapan atau tidak.

“Tentunya kita berharap ini efektif yah, kalau ada kekurangan-kekurangan itu wajar karena sistem ini bangun oleh manusia. Setiap saat kita akan melakukan updating untuk melihat dan menyempurnakan lagi,” kata Zukri.(adv/alex)