Aplikasi SIPGAR Diterapkan Puskesmas Suwawa, Ukur Kebugaran Pegawai

Aplikasi SIPGAR Diterapkan Puskesmas Suwawa, Ukur Kebugaran Pegawai

11/02/2021 18:40 0 By Maman

Puskesmas Suwawa Senam Sehat Aplikasi SIPGAR

Puskesmas Suwawa mulai menerapkan aplikasi SIPGAR. (foto:istimewa):

Hulondalo.id – Aplikasi Pengukuran Kebugaran Mandiri (SIPGAR) diterapkan Puskesmas Suwawa, untuk mengetahui tingkat kebugaran para pegawainya. Aplikasi mulai diterapkan pada Kamis (11/2/2021) di halaman Puskesmas Suwawa.

Sehari sebelum diterapkan, para pegawai terlebih dulu mengikuti skrining PTM dan sosialisasi penggunaan aplikasi tersebut. Kepala Puskesmas Suwawa, Rini Kasim mengatakan, kegiatan ini direncanakan 2 kali disepanjang tahun 2021.

Tak hanya pengukuran kebugaran, Rini juga mengatakan, puskesmas yang dipimpinnya ini juga melaksanakan senam sehat. Dia berharap, kegiatan ini kedepan bisa terintegrasi dan dilaksanakan di instansi pemerintah tingkat kecamatan sampai ke desa.

Sementara itu, Kasie Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja Dan Olahraga Shintia Rivai menjelaskan, SIPGAR merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang, yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu menggunakan metoda Rockport.

“Rockport adalah metode pengukuran kebugaran jasmani dengan menghitung waktu tempuh seseorang saat menempuh lintasan 1600 meter, pengukuran dilakukan terhadap jantung paru, salah satu komponen terbesar yang mempengaruhi kebugaran seseorang”, ujar Shintia.

Shintia berharap, Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota di Provinsi Gorontalo, dapat melaksanakan juga secara rutin sehingga akan didapat status kebugaran seseorang. (MG04/Adv)