Aplikasi Siskeudes Mudahkan Desa se-Boalemo

Aplikasi Siskeudes Mudahkan Desa se-Boalemo

17/02/2020 20:24 0 By Yadin

Bupati Darwis saat memberikan arahan. (istimewa)

Hulondalo.id – Bupati Boalemo, Darwis Moridu membuka kegiatan coaching clinic penginputan APBDes berbasis Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes) bagi perangkat desa, Senin (17/2/2020).

Perubahan dalam pengelolaan anggaran desa dengan menggunakan aplikasi Siskeudes diapresiasi oleh Bupati Darwis. Sehingganya pemerintah desa dan perangkatnya diharapkan untuk dapat mengedepankan seluruh regulasi yang mengatur proses pengelolaan keuangan dari tahap perencanaan sampai dengan evaluasi pencapaian setiap kegiatan yang telah diprogramkan selama satu tahun.

Hal ini menjadi dasar pemerintah daerah untuk meminta kepada BPKP perwakilan Provinsi Gorontalo untuk memberikan bimbingan khusus terhadap pemerintah desa tentang alokasi dana desa tahun 2020 ini. “Saya berharap kepada peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” pinta bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial dan PMD Boalemo, Ulkia Qiu dalam laporannya menyampaikan bahwa aplikasi Siskeudes merupakan sebuah aplikasi pengelolaan keuangan desa yang dikembangkan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola desa dan juga sebagai alat bantu untuk pemerintah desa dalam pengelolaan keuangan desa dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan hingga pertanggungjawaban.

“Peluncuran aplikasi Siskeudes ini bertujuan untuk memudahkan desa dalam pembuatan peraturan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) dalam pengelolaan keuangan desa secara transparan dan akuntabel,” jelas Ulkia Kiu. (yadin/adv)