AR-Prodem Geruduk Bawaslu Kabupaten Gorontalo, Pertanyakan soal Netralitas

AR-Prodem Geruduk Bawaslu Kabupaten Gorontalo, Pertanyakan soal Netralitas

12/10/2020 22:23 0 By Syakir

Aksi massa AR-Prodem di depan kantor Bawaslu Kabupaten Gorontalo, Senin (12/10/2020).

Hulondalo.id – Kantor Bawaslu Kabupaten Gorontalo, Senin (12/10/2020), didatangi massa aksi yang menamai diri Aliansi Rakyat Pro Demokrasi (AR-Prodem). Mereka protes soal rekomendasi Bawaslu yang dianggap merugikan calon petahana dan dinilai menciderai demokrasi.

Koordinator Lapangan Masa aksi, Alfian Biga mengatakan, keputusan Bawaslu merekomendasikan KPU untuk membatalkan Pasangan calon Nelson-Hendra merupakan keputusan yang tidak benar dan terkesan janggal.

Bahkan pihaknya mempertanyakan netralitas ketua Bawaslu yang mempunyai hubungan darah dengan salah satu Calon Bupati yakni Rustam Akili.

“Kami mempertanyakan integritas, eksistensi dan netralitas dari Ketua Bawaslu Wahyudin Akili. Bahwa kita ketahui bersama, ketua Bawaslu memiliki hubungan darah dengan salah satu calon bupati. Sehingga, jangan sampai keputusan yang dikeluarkan oleh bawaslu kepada Nelson-Hendra ada tekanan,” tandas Alfian.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Gorontalo, Wahyudi Akili menuturkan, pihaknya hanya mengeluarkan rekomendasi bukan melakukan pencoretan.

“Jadi, kami hanya menindak lanjuti laporan dugaan pelanggaran Administrasi pemilihan sesuai dengan prosedur yang ada. Kami tegaskan isu yang beredar diluar terhadap pencoretan itu tidaklah benar,” tegas Wahyudin.

Terpisah, saat demo di depan Kantor KPU Kabupaten Gorontalo, Ketua KPU Rasyid Sayiu mengatakan, pihaknya masih melakukan pendaman terhadap pendalaman rekomendasi Bawaslu.

“Saat ini kami sedang melakukan klarifikasi terhadap pelapor dan terlapor sebagai bentuk tindak lanjut dari rekomendasi Bawaslu. Kami pun diberi ruang selama 7 hari sejak menerima rekomendasi tersebut. Sebelum 7 hari, sudah ada keputusannya, ” pungkas rasyid. (opin)