Arpusda Bikin Lomba Perpustakaan tingkat Desa/Kelurahan

Arpusda Bikin Lomba Perpustakaan tingkat Desa/Kelurahan

04/04/2019 23:13 0 By Alex

perpustakaan

Kepala Dinas Arpusda Yosep Koton bersama tim penilai dari pustakawan dan akademisi saat penilaian Lomba Tertib Perpustakaan di perpustakaan Tinelo Lipu, Desa Lamahu, Kecamatan Bulango Selatan, Bone Bolango, Kamis (4/4/2019)

Hulondalo.id – Dalam rangka mewujudkan layanan perpustakaan sesuai standar, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Provinsi Gorontalo menggelar Lomba Tertib Perpustakaan tingkat desa/kelurahan se-Provinsi Gorontalo.

Lomba tersebut diawali dengan penilaian di Perpustakaan Tinelo Lipu, Desa Lamahu, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Kamis (4/4/2019).

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Arpusda Provinsi Gorontalo, Yosep Koton mengatakan, tujuan lomba perpustakaan tersebut tidak lain untuk mengapresiasi desa/kelurahan yang mampu mewujudkan perpustakaan standar Nasional yang taat azas, profesional dan mampu memberikan pelayanan prima, sekaligus mampu meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam mengembangkan dan memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat belajar mandiri.

“Lomba ini juga dilaksanakan, sesuai petunjuk Perpusnas (Perpustakaan Nasional) yang menggelar lomba tingkat Nasional. Sekarang, lomba ini khusus tingkat desa/kelurahan, karena untuk tingkat kabupaten/kota sudah dilaksanakan,” kata Yosep.

Selain itu, tujuan lomba tersebut juga untuk memacu kreativitas para pengelola perpustakaan di tingkat desa/kelurahan dalam meningkatkan mutu dan intensitas layanan perpustakaan bagi masyarakat pedesaan agar terwujudnya kesejajaran dalam memperoleh informasi.

Lomba Tertib Perpustakaan tingkat desa/kelurahan ini akan digelar selama sepekan kedepan dengan menghadirkan tim penilai independen dari pustakawan hingga akademisi.(usman)