Asah Literasi Lewat Lomba Bercerita

Asah Literasi Lewat Lomba Bercerita

19/05/2021 15:44 0 By Maman

Audiens Dinas Perpustakaan dan Arsip Walikota Marten

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Gorontalo, Sutarto dan jajarannya beraudiens dengan Walikota Gorontalo, Marten Taha. (foto:hms)

Hulondalo.id – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Gorontalo, berupaya mendorong animo masyarakat untuk terus meningkatkan minat baca, mengembangkan ilmu pengetahuan dan sarana mengasah literasi, dalam melahirkan inovasi dan kreasi. Kemampuan literasi juga menjadi perisai ditengah carut marut pesatnya penyebaran disinformasi.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Gorontalo, Sutarto mengatakan, program literasi yang dibuatnya seperti perpustakaan keliling, wisata baca, dan lomba bercerita siswa, dapat mengekplorasi pengetahuan dari berbagai buku bacaan yang dipelajari.

Sesuai rencana kata Sutarto, tanggal 24 Mei 2021, OPD yang dipimpinnya berencana akan kembali menggelar lomba bercerita anak siswa yang telah menjadi agenda tahunan.

“Kami melakukan audiens dengan pak Walikota untuk melaporkan agenda tersebut, sekaligus meminta kesediaannya membuka lomba bercerita anak,” kata Sutarto saat ditemui di Rumah Dinas Walikota Gorontalo, Rabu (19/5/2021).

Sutarto mengatakan, kesiapan kegiatan sudah mencapai 90%. 13 siswa SD dan Madrasah dipastikan sudah siap yang merupakan utusan dari 9 kecamatan yang akan berkompetisi pada ajang lomba bercerita tingkat Kota Gorontalo.

Cerita yang dilombakan menurut Sutarto, tentang cerita rakyat Gorontalo. Materi tersebut masih sama dengan lomba di tahun sebelumnya, yang diharapkan para siswa dapat mengetahui dan memahami seluk beluk sejarah Gorontalo.

“Alhamdulillah tahun lalu, perwakilan Kota Gorontalo sampai ke tingkat nasional menduduki peringat 4, atau juara harapan satu nasional lomba bercerita anak tingkat SD,” ucap Sutarto.

Tahun ini kata Sutarto, tidak akan mengurangi target yang telah ditorehkan sebelumnya. Bahkan dia menargetkan, minimal meraih juara tiga nasional. Poin penting yang akan menjadi perhatiannya adalah, penguasaan materi dan impresi yang disampaikan kepada pendengar.

Sementara itu, Walikota Gorontalo, Marten Taha menyambut baik kegiatan yang digagas OPD tersebut. Walikota menilai, program yang telah dijalankan selama ini telah membangkitkan minat baca masyarakat Kota Gorontalo.

Walikota berharap, kegiatan serupa terus dilaksanakan, bahkan dikembangkan guna mencetak generasi unggul di Kota Gorontalo pada masa-masa yang akan datang.

“Mewujudkan indonesia maju, harus didukung dari Sumber Daya Manusia yang ada, inilah saatnya mendorong literasi masyarakat sejak usia dini,” ujar Walikota. (Inkri/Adv)