Asdep Pelayanan Publik KemenPAN RB Apresiasi Reformasi Birokrasi Pemprov Gorontalo

Asdep Pelayanan Publik KemenPAN RB Apresiasi Reformasi Birokrasi Pemprov Gorontalo

22/10/2020 19:52 0 By Alex

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba saat mengikuti Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik yang digelar secara virtual, Kamis (22/10/2020).

Hulondalo.id – Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba mengikuti diskusi forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik secara virtual, Kamis (22/10/2020).

Pada kesempatan itu, Asisten Deputi Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), Imanuddin mengapresiasi aspek reformasi birokrasi di Provinsi Gorontalo.

Menurut Imanuddin, Provinsi Gorontalo sebagai daerah kecil dengan APBD yang relatif minim, namun bisa meningkatkan aspek layanan publik jika dibandingkan dengan provinsi lain.

“Pak Asdep menilai Gorontalo lebih maju reformasi birokrasinya jika dibandingkan dengan daerah lain yang APBD relatif lebih besar. Menurut beliau aspek kepemimpinan kepala daerah menjadi kunci sukses tidaknya reformasi birokrasi dijalankan,” aku Darda.

Dikatakan Darda pula, Pemerintah Provinsi Gorontalo sejauh ini sudah menerapkan banyak aspek pada reformasi birokrasi sesuai arahan pemerintah pusat.

Di antaranya penyederhanaan perizinan usaha dan pembayaran pajak kendaraan memanfaatkan teknologi informasi, pengangkatan dalam jabatan pegawai berdasarkan sistem seleksi yang berbasis kompetensi.

“Birokrasi pemprov juga semakin kompetitif dan terukur karena dipantau melalui aplikasi secara daring. Mulai dari dia absen pagi dan sore, mengerjakan apa setiap hari dan indikator lain menjadi acuan untuk pembayaran Tunjangan Kinerja Daerah. Ini merupakan beberapa langkah kita untuk mereformasi birokrasi di daerah,” sambung Darda.

Terkait pelaksanaan webinar Forum Replikasi Inovasi Pelayanan Publik, pemerintah provinsi dan kabupaten/kota diminta untuk mereplikasi beberapa program yang sudah berhasil dilaksanakan di daerah lain.

Ada 4 usulan replikasi guna menunjang tujuan SDGs yakni program Tani Jago Dilan, Ekowisata, Klinik BUM Desa serta Peterpan atau persentase kepemilikan akta lahir untuk penduduk 40% berpendapatan rendah.

Pemerintah Provinsi Gorontalo pun memilih untuk mereplikasi program ekowisata Wonosalam-Permata Hati. Kabupaten Boalemo memilih mereplikasi klinik BUMDes, Tani Jago Dilan dan Peterpan. Bone Bolango dan Gorontalo Utara memilik replikasi klinik BUMDes.(adv/alex)