Atasi Banjir di Marisa, Nirwan Due: Warga Minta Dibuatkan Penampungan Air

Atasi Banjir di Marisa, Nirwan Due: Warga Minta Dibuatkan Penampungan Air

13/09/2021 22:05 0 By Yadin

Wakil Ketua DPRD Pohuwato, Nirwan Due saat meninjau lokasi banjir di Marisa.

Hulondalo.id – Masalah banjir yang sudah beberapa kali melanda wilayah Kecamatan Marisa harus mendapatkan perhatian serius dari semua pihak.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Pohuwato, Nirwan Due usai turun lapangan memantau langsung kondisi banjir di lapangan, Senin (13/9/2021).

Bagi politisi Gerindra itu, penanggulangan banjir di Kecamatan Marisa butuh peran aktif dan kesadaran semua pihak, mulai dari pemerintah hingga masyarakat.

“Memang benar pencegahan dan penanggulangan banjir menjadi tugas pemerintah, akan tetapi peran masyarakat juga begitu penting. Seperti tidak menimbun saluran drainase yang sudah ada, tidak membuang sampah pada saluran, itu termasuk bagian dari pencegahan dan penanggulangannya,” kata Nirwan.

Menurutnya, sejauh ini sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengendalikan dan menanggulangi banjir yang sudah beberapa kali terjadi di Kecamatan Marisa. Akan tetapi, apa yang telah dilakukan seperti belum membuahkan hasil yang maksimal.

“Tadi kami bersama dinas teknis melihat langsung titik-titik wilayah banjir, termasuk memikirkan dan mencarikan solusi bagaimana untuk pencegahan dan penanggulangan banjir itu sendiri,” kata Aleg Dapil Marisa grup itu.

Nah, kata Nirwan, ada beberapa pendapat dari masyarakat terdampak banjir yang dianggap menjadi solusi.

“Salah satunya adalah dibuatkan satu penampungan air untuk menampung air saat hujan turun. Tentunya ini butuh kajian yang mendalam. Akan tetapi bilamana berdasarkan kajian pembangunan penampungan air ini menjadi solusi, saya kira pembangunannya jadi prioritas dan harus mendapatkan dukungan dari semua pihak,” ujar Nirwan. (yadin)