Atasi Banjir, Nelson Libatkan Instansi Vertikal

Atasi Banjir, Nelson Libatkan Instansi Vertikal

06/10/2021 19:47 0 By Syakir

Sisa potongan kayu dan bambu yang dibawa arus air, di Jembatan Limboto.

Hulondalo.id – Gundulnya perbukitan akibat alih fungsi menjadi lahan pertanian oleh warga, disebut sebut ikut menyumbang parahnya bencana banjir yang melanda Kabupatan Gorontalo. Pemerintah daerah pun berniat membuat regulasi khusus untuk mengatasi hal itu.

Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo, Rabu (6/10/2021), menggelar rapat koordinasi dengan menghadirkan seluruh OPD dan sejumlah instansi vertikal seperti, Balai Sungai Sulawesi II, Balai Pemukiman, Balai Jembatan dan Jalan termasuk Bappedas.

Lanjut Nelson, terungkap dalam rapat tersebut, ternyata banyak sekali program di instansi vertikal itu. Baik itu soal infrastruktur maupun lingkungan.

“karena itu saya minta ada tim dari kita untuk melakukan koordinasi dengan mereka (instansi vertikal,red),” ujarnya.

Hal ini perlu dikondisikan, karena penanganan banjir di Kabupaten Gorontalo, butuh pelibatan semua pihak. Koordinasi yang baik, akan menghasilkan penanganan yang baik pula.

Nelson berharap, banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Gorontalo bisa segera teratasi. Penanganan dari hulu ke hilir, mulai perbaikan infrastruktur, hingga memiminalisir terjadinya pembabatan hutan, bisa berjalan bersamaan. (adv)