Awas !! Ada Akun Palsu Mengaku Gubernur Gorontalo Rusli Habibie

Awas !! Ada Akun Palsu Mengaku Gubernur Gorontalo Rusli Habibie

28/06/2020 12:50 0 By admin

Hulondalo.id – Beredar tangkapan layar percakapan lewat messenger facebook antara, akun yang mengaku Gubernur Gorontalo Rusli Habibie dengan orang lain. Usut punya usut, ternyata akun bernama Rusli Habibie itu adalah akun palsu.

Dalam tangkapan layar itu, si akun palsu meminta kode verifikasi WhatsApp (WA), yang katanya dikirim lewat pesan singkat ke handphone milik lawan bicaranya.

Akun bernama Rusli Habibie palsu itu, profil facebooknya menggunakan foto Rusli Habibie saat memberikan sambutan yang didepannya ada logo Antara. Sedangkan sampulnya adalah, saat foto Rusli Habibie berama Indra Yasin, sewaktu masih menjabat Bupati Gorut.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Gorontalo, Masran Rauf, memastikan itu adalah akun palsu. “Oknum itu mengaku sebagai bapak Rusli Habibie kemudian meminta nomor kontak dengan alasan hp-nya rusak dan nomor kontaknya telah hilang,” ungkap Masran, sembari mengatakan kalau tim cybercrime polri tengah mengusut akun tersebut.

Terpisah, penasehat hukum Pemprov Gorontalo Susliyanto SH mengatakan, pihaknya resmi akan melaporkan kasus ini ke Polda Gorontalo, Senin (29/6/2020).

Tapi kan ini kan bukan kali pertama, sudah kesekian kalinya terjadi? Susliyanto menjawab, itu dulu sebelum dirinya jadi kuasa hukum Pemprov Gorontalo.

Sementara itu, di sosial media sendiri, akun bernama Rusli Habibie cukup banyak berseliweran. Sngat meyakinkan, karena diihat dari foto di lini masa, berisi koleksi foto kegiatan Rusli Habibie, baik sebagai Gubernur Gorontalo, maupun di partai politik.

Facebook ada 4 akun dengan nama Rusli Habibie, rata rata memiliki pertemanan sekitar 2000 hingga lebih dari 4000 an. Begitu juga dengan twitter. Ada dua akun, sama sama mengaku akun resmi Rusli Habibie. Bedanya ada yang hanya 245 follower, lainnya 37 ribu follower, dengan postingan terakhir di 2016.

Sedangkan di instagram, ada 3 akun bernama Rusli Habibie. Dengan follower tertinggi hanya 1971 orang. Menurut info, tak ada satupun dari akun akun itu dikelola langsung Rusli Habibie. Satu satunya sosmed yang digunakan Gubernur Gorontalo hanyalah whatsapp. (zhk)