Ayo ke UT, Kuliah Berkualitas gak Harus Mahal!

Ayo ke UT, Kuliah Berkualitas gak Harus Mahal!

20/05/2021 18:51 0 By Syakir

Hulondalo.id – “Mengenyam pendidikan tinggi adalah impian banyak orang. Semua orang tua menginginkan anak-anaknya bisa menggapai gelas sarjana. Namun tidak sedikit impian itu terkendala oleh biaya kuliah yang mahal.

Hal ini disampaikan Direktur UT Gorontalo; Andi Suci Anita, MP, pada sosialisasi daring Universitas Terbuka, 19/5/2021.

“Mahalnya kuliah karena banyak komponen yang harus dibayar mahasiswa, dari uang pendaftaran, uang SPP per semester, uang gedung, uang pembangunan, uang praktek, uang ujian, dan sebagainya. Belum lagi jika mahasiswa harus kost karena jauh dari rumah, atau harus beli buku dan diktat yang diwajibkan kampus maka biaya akan semakin membengkak. Tapi semua itu tidak berlaku di Universitas Terbuka”, tutur Andi Suci.

Menurut Andi Suci, biaya kuliah di UT sangat terjangkau, mahasiswa dipersilahkan untuk memilih skema SPP sesuai kemampuan. Ada skema mandiri dimana mahasiswa bisa memilih sendiri jumlahSKS yang akan diambil per semester. Atau skema paket semester dimana mahasiswa hanya membayar SPP, didalamnya mencakup semua layanan termasuk buku atau modul.

“Untuk biaya per SKS dari Rp37 ribu – Rp78 ribu per SKS, sedangkan untuk biaya paket mulai Rp1 jutaan hingga 3 jutaan per semester, tergantung prodi yang diambil,” ujarnya.

Namun Andi juga menekankan bahwa di UT tidak ada pungutan selain biaya pendaftaran dan biaya SPP per semester.
Pendaftaran calon mahasiswa baru UT semester 2 tahun 2021, ini sudah bisa dilakuan sampai 11 Agustus 2021.

Pendaftaran diwww.sia.ut.ac.id atau datang ke Universitas Terbuka Gorontalo di Jl. Achmad Nadjamuddin. No. 27. Kota Gorontalo. Info lengkap dapat diakses melalui www.gorontalo.ut.ac.id atau media sosial UT Gorontalo, dan bisa menghubungi Pelma UT Gorontalo di 0821-8900-4878. (adv)