Badai Matahari, BMKG : Gorontalo Aman

Badai Matahari, BMKG : Gorontalo Aman

15/03/2019 17:29 0 By Syakir

ilustrasi

Hulondalo.id – Fenomena badai geomagnetik atau badai matahari telah prediksi sejak 2 hari lalu, oleh lembaga antariksa dan penerbangan nasional (LAPAN), akan terjadi Jumat (15/03/19). Kendati efeknya sampai ke bumi, namun Gorontalo tak terdampak.

“Fenomena badai matahari ini di akibatkan karena interaksi angin matahari dan medan magnet di bumi” terang Wahyu Guru Imam Toko, dari BMKG Gorontalo.

DIjelaskannya, badai matahari kali ini skalanya hanya berkisar G1 yaitu gangguan minor pada sistem satelit dan gangguan lemah pada jaringan listrik.

Masyarakat tidak perlu khawatir, karena dampak gangguan geomagnetik sendiri terjadi pada daerah lintang tinggi, sedangkan posisi indonesia yang berada pada wilayah equator menyebabkan kecilnya kemungkinan gangguan tersebut di Indonesia khususnya Gorontalo.

“hanya saja ini kan kategorinya, kategori lemah jadi mungkin tidak terlalu terasa juga efeknya di wilayah lintang tinggi” kata wahyu,

sementara itu menurut dosen geografi UM Gorontalo, Ivan Taslim, S.SI “Badai matahari merupakan ledakan di matahari, yang dikenal sebagai flare dan lontaran massa korona.

“Selain mempengaruhi cuaca antariksa, juga dapat mengganggu medan magnet bumi dan serta lapisan ionosfer. Akibat peristiwa ini tdk ada dampak signifikan bagi kehidupan di bumi karena kejadiannya terbilang cukup singkat” jelas alumni geofisika, UNHAS tersebut. (Ika)