Bahas 3 Topik Ini Sekaligus, Ratusan Mahasiswa Akhir Antusias Ikuti Webinar CCLC UBM Gorontalo

Bahas 3 Topik Ini Sekaligus, Ratusan Mahasiswa Akhir Antusias Ikuti Webinar CCLC UBM Gorontalo

22/03/2021 20:31 0 By Alex

UBM Gorontalo CCLC

Webinar Sosialisasi dengan 3 topik utama yaitu Sosialisasi Penetapan Standar Skor TOEIC/TOEFL ITP, Tips dan Trick menghindari Plagiasi, serta alur Pengecekan Plagiarisme dengan Turnitin yang digelar oleh CCLC UBM Gorontalo, Senin (22/3/2021).

Hulondalo.id – Center of Cooperation Development, Language and Career (CCLC) Universitas Bina Mandiri (UBM) Gorontalo menggelar webinar sosialisasi dengan 3 topik utama, Senin (22/3/2021).

Adapun 3 topik tersebut masing-masing Sosialisasi Penetapan Standar Skor TOEIC/TOEFL ITP, Tips dan Trick menghindari Plagiasi, serta alur Pengecekan Plagiarisme dengan Turnitin.

Kegiatan yang digelar secara daring ini diikuti oleh 130 mahasiswa akhir dari UBM Gorontalo serta mahasiswa Program Pascasarjana (PPs) STIA Bina Taruna Gorontalo.

Kegiatan ini menghadirkan pemateri yaitu Testing Manager Indonesia International Education Foundation (IIEF) Wiati Rahayu, dan Direktur Transbahasa yang merupakan mitra dari CCLC Bina Mandiri Gorontalo, Novrianto SPd M.Appling PhD.

Pada kesempatan itu, Ketua CCLC, Ayu Anastasya Rachman SIP MA menjelaskan, 3 rangkaian kegiatan ini sangat berkaitan erat. Pasalnya, selain berkontribusi membangun soft skill mahasiswa, juga menjaga kredibilitas intelektual UBM Gorontalo dan PPs STIA Bina Taruna.

“Kegiatan ini sangat penting mengingat test bahasa Inggris telah menjadi syarat kelulusan yakni Surat Keterangan Pendamping Ijazah, dan isu plagiarisme menjadi isu yang bersama-sama kita perangi dalam institusi pendidikan. Sehingga diputuskan untuk dijadikan satu kesatuan webinar,” kata Ayu.

Pada kegiatan sosialisasi itu, respon mahasiswa S1, S2 maupun dosen cukup antusias, dilihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan serta masukan yang diberikan. Beberapa masukan akan langsung dibahas secara internal oleh CCLC untuk di-follow up.

Sementara itu, Wiati Rahayu yang juga selaku pemateri turut mengapresiasi kinerja CCLC yang tetap berupaya menggelar tes TOEFL ITP.

“Teman-teman mahasiswa beruntung karena pusat bahasa CCLC Bina Mandiri menjadi salah satu di antaranya yang berhasil menjalankan TOEFL ITP secara online, mengingat di tengah situasi pandemi kerumunan sangat dihindari. Jadi mahasiswa tetap bisa menerima layanan test bahasa inggris yang kredibel dan berkualitas dengan kemudahan akses dari rumah,” pungkasnya. (adv/rls/ais)