Bahas Program Vokasi, Ketua APVOKASI Gorontalo Meeting Bersama Kadin Jatim & IHK Trier Jerman

Bahas Program Vokasi, Ketua APVOKASI Gorontalo Meeting Bersama Kadin Jatim & IHK Trier Jerman

24/09/2021 05:53 0 By Maman

Pertemuan antara Ketua APVOKASI Provinsi Gorontalo, Dr. Hj. Titin Dunggio M.Si, M.Kes bersama Pengurus Kadin Provinsi Gorontalo, Kadin Jawa Timur serta IHK Trier Jerman secara virtual. Kamis (23/9/2021).

Hulondalo.id – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Aliansi Pendidikan Vokasional Seluruh Indonesia (APVOKASI) Provinsi Gorontalo, Dr. Hj. Titin Dunggio M.Si, M.Kes menjalani rapat virtual bersama Kamar Dagang Industri (KADIN) Provinsi Gorontalo dan Jawa Timur, Kamis (23/9/2021).

Kegiatan yang digelar melalui aplikasi zoom cloud ini, dalam rangka membahas program vokasi khususnya yang bisa diimplementasikan di Provinsi dengan julukan Serambi Madinah ini.

“Kami baru saja melakukan meeting dengan pengurus Kadin Provinsi Gorontalo, Kadin Jatim dan IHK Trier (Kadin Jerman). Ada banyak hal yang dibahas terutama terkait program vokasi yang bisa dijalankan di Provinsi Gorontalo,” ujar Titin Dunggio yang juga Rektor UBM Gorontalo ini.

Tak hanya itu, Titin Dunggio yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Pengusaha Daerah, KADIN Provinsi Gorontalo ini menilai, pelaksanaan program vokasi sangat penting mengingat kebutuhan SDM mumpuni, dan sesuai dengan permintaan dunia usaha dan industri sangat tinggi, oleh karena itu harus segera melakukan persiapan dan perencanaan.

Seperti yang diketahui, Kadin Indonesia telah menjalin kerja sama pelatihan vokasi kejuruan ganda (pemagangan) dengan Industrie-und Handelskammer (IHK) Trier (Kadin Jerman). Berjalan sejak 2015, program kemitraan ini telah mencetak 299 orang instruktur (trainer), yang bersertifikat internasional melalui program Training of Trainer (TOT).

“Ini komitmen bukan hanya membangun SDM (sumber daya manusia), melainkan juga memperkuat daya saing Indonesia melalui vokasi yang terdiri dari dua pilar, pendidikan dan industri,” pungkas Titin Dunggio. (ais/rls)