Bahaya Mengintai Rumah Warga Desa Tirto Asri

Bahaya Mengintai Rumah Warga Desa Tirto Asri

03/05/2019 16:04 0 By Yadin

Kondisi rumah warga Desa Tirto Asri yang tinggal berjarak 1 meter dari pinggiran sungai.

Hulondalo.id – Warga yang bermukim di bantaran sungai tepatnya di Desa Tirto Asri Kecamatan Taluditi, kondisinya cukup memprihatinkan. Pasalnya, rumah-rumah warga di kawasan bantaran sungai itu, hanya tinggal berjarak 1 meter saja dari pinggiran sungai.

Hal ini membuat anggota DPRD Pohuwato Dapil Randangan-Taluditi Hamdi Alamri angkat bicara. Ia berharap, kondisi tersebut segera mendapatkan penanganan dari pemerintah. “Kasihan, rumah warga hanya tinggal berjarak 1 meter dari pinggir sungai,” ungkap Hamdi kepada hulondalo.id.

Sebelumnya, Rabu (1/5/2019) Kepala BWS Sulawesi II Adenan Rasyid didampingi Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Pohuwato Fikri Adam sudah meninjau langsung lokasi erosi sungai Randangan di Desa Tirto Asri. “Kondisi arus air sungai cukup deras dan masih rawan terjadinya pengikisan,” ungkap Fikri sembari menambahkan, kepala desa bersama masyarakat secara swadaya sudah berupaya mengalihkan arus air tersebut, tetapi belum maksimal.

Kunjungan lapangan BWS Sulawesi II di Desa Tirto Asri, Rabu (1/5/2019).

Nantinya jelas Fikri, pihak balai akan menindaklanjuti penanganan erosi tersebut. “Penguatan tebing melalui sumber pendanaan bencana, saat ini dalam administrasi proposal penanganan. Dengan kondisi arus aliran sungai masih cepat, penanganan tebing belum bisa ditangani. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yakni memaksimalkan peralihan air dengan catatan masyarakat tidak keberatan lahan masyarakat dibuat aliran sungai baru,” jelas Fikri. (dhin)