Bahmid: Tak Perlu Ragukan Jiwa Bela Negara Para Kyai dan Umat Islam

Bahmid: Tak Perlu Ragukan Jiwa Bela Negara Para Kyai dan Umat Islam

01/07/2020 18:26 0 By Alex

Abdurrahman Abubakar Bahmid

Anggota DPD RI Abdurrahman Abubakar Bahmid (kedua dari kiri) saat sosialisasi 4 Konsensus Dasar Bernegara yang digelar di Yayasan Al Huda Kota Gorontalo.

Hulondalo.id – Anggota DPD RI Abdurrahman Abubakar Bahmid menegaskan umat Islam di Indonesia, terutama para kyai, tak perlu diragukan lagi jiwa nasionalismenya karena mereka sudah terbukti dalam sejarah perjuangan bangsa.

“Urusan bela negara, para kyai, alim ulama dan umat Islam tak perlu diragukan lagi jiwa bela negaranya karena sudah terbukti dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia,” tegas Bahmid pada Sosialisasi 4 Konsensus Dasar Bernegara yang digelar di Yayasan Al Huda, Kota Gorontalo, belum lama ini.

Penyampaian Anggota DPD RI yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Gorontalo itu berkaitan erat dengan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

Namun demikian, Bahmid tak menampik bahwa para kyai dan alim ulama belum mendapat perhatian penuh dari pemerintah setelah kemerdekaan Indonesia.

Menurutnya, kyai dan alim ulama memiliki peran yang sangat penting dalam mengisi kemerdekaan.

“Jangan setelah merdeka, mereka dibiarkan begitu saja, apalagi kalau didzalimi,” tambah Bahmid.

Terkait RUU HIP, alumnus Universitas Al Azhar Kairo itu juga tegas menolaknya. Alasan Bahmid jelas, melumpuhkan sila pertama dalam Pancasila, yakni Ketuhanan Yang Maha Esa.

Menurutnya, hal itu sebagai bentuk pengingkaran terhadap keberadaan pembukaan dan batang tubuh UUD 1945, yang menjadi satu dari 4 konsensus dasar bernegara.

Pada kesempatan itu, Bahmid kembali mengingatkan kepada pihak Yayasan Al Huda yang terdiri dari staf, guru TK, MIT dan SD, MTs dan MA tentang 4 konsensus dasar bernegara, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.(adv/alex)