Bahmid Tekankan Pentingnya Menjaga Persatuan dan Kesatuan

Bahmid Tekankan Pentingnya Menjaga Persatuan dan Kesatuan

07/02/2020 19:37 0 By Alex

Anggota DPD RI Abdurrahman Abubakar Bahmid di sela-sela sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang digelar di Kemenag Kota Gorontalo.

Hulondalo.id – Menjaga kedaulatan bangsa bukan hanya tugas dari pemerintah semata. Sebagai warga negara, menjaga persatuan dan kesatuan sudah menjadi modal utama menjaga keutuhan bangsa.

“Dengan memahami dan memaknai pilar kebangsaan, sudah menjadi modal kita untuk menjaga kedaulatan bangsa. Persatuan dan kesatuan harus diutamakan,” ungkap Anggota DPD RI Abdurrahman Abubakar Bahmid saat sosialisasi 4 pilar kebangsaan yang digelar di kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Gorontalo, belum lama ini.

Adapun pilar Kebangsaan itu, kata Bahmid, ada empat. Masing-masing Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Dikatakan Bahmid pula, 4 Pilar Kebangsaan tersebut dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di lingkungan Kemenag Kota Gorontalo. Paling tidak di lingkungan keluarganya, tentang bagaimana menanamkan pendidikan moral pancasila kepada anak-anaknya.

Pada kesempatan itu, pria yang familiar disapa ustadz Bahmid ini mendapat berbagai macam masukan dan aspirasi, terutama menyangkut nasib para tenaga honorer guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang belum diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Selain itu, Bahmid mendapat masukan untuk mengangkat derajat kaum perempuan yang lekat dengan stigma PRT (Pembantu Rumah Tangga) dengan peningkatan mutu pendidikan.

“Segala masukkan dan aspirasi hari ini akan menjadi bahan untuk kami menyampaikannya kepada pemerintah betapa pentingnya pendidikan bagi seluruh warga negara Indonesia,” kata Bahmid yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Gorontalo ini.

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan tersebut dihadiri seluruh PNS di lingkungan Kemenang Kota Gorontalo dan para guru PAI.(adv/Alex)