Bakti Sosial Operasi Katarak Warnai Peringatan 2 Tahun Kepemimpinan Marten-Ryan

Bakti Sosial Operasi Katarak Warnai Peringatan 2 Tahun Kepemimpinan Marten-Ryan

18/06/2021 16:21 0 By Maman

Operasi Katarak Walikota Marten

Walikota Gorontalo, Marten Taha meninjau langsung pelaksanaan Bakti Sosial Operasi Katarak memperingati 2 Tahun Kepemimpinan Marten Taha-Ryan F. Kono.(foto:kominfo)

Hulondalo.id – Peringatan 2 tahun kepemimpinan Walikota Gorontalo, Marten Taha dan Wakil Walikota Gorontalo, Ryan F. Kono, Pemerintah Kota Gorontalo menggelar bakti sosial berupa, operasi katarak. Operasi ini tidak dipungut biaya alias gratis, Jum’at (18/6/2021).

Marten mengatakan, katarak didefinisikan sebagai proses penuaan, berupa kekeruhan di lensa bola mata. Kondisi itu menyebabkan, menurunnya kemampuan penglihatan dan bisa saja sampai kebutaan.

“Tanda dan gejala katarak yaitu, penglihatan kabur, ciri khasnya adalah seperti melihat dari balik air terjun atau kabut putih, penglihatan ganda, silau, dan penglihatan semakin kabur, dan sudah berganti-ganti ukuran kacamata,” ungkapnya.

Selebihnya kata Marten, ini disebabkan oleh faktor resiko yaitu usia lanjut di atas 40 tahun, riwayat keluarga, dan dapat disebabkan oleh penyakit mata lain seperti glaukoma, uveitis, trauma, kelainan sistemik misal (diabetes militus), pemakaian tetes mata steroid secara rutin, kebiasaan merokok, dan paparan sinar ultraviolet.

Bakti sosial operasi katarak ini bekerjasama dengan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) Cabang Sulawesi Utara. Walikota juga mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan mutu kesehatan masyarakat, khususnya kesehatan mata, dan juga membantu masyarakat kurang mampu.

“Ada 95 orang yang mengikuti operasi ini, 52 pria dan 43 wanita, mereka dari 50 kelurahan se Kota Gorontalo dan di screening di 10 puskesmas,” jelasnya.

Politisi Golkar itu menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kerjasama baik dari Rumah Sakit Aloe Saboe dan Dokter Spesialis Mata Indonesia Cabang Sulawesi Utara.

“Semoga beroleh berkah dari Allah SWT, Aamiinn Yarobbal Aalamiin,” harap Marten. (Inkri/Adv)