Bangga dan Terharu, Mendes PDTT Sebut Banuroja Harus Mendunia

Bangga dan Terharu, Mendes PDTT Sebut Banuroja Harus Mendunia

19/09/2020 15:41 0 By Yadin

Penyambutan Mendes PDTT, Kepala BNPT, Wakil Ketua BPIP di Desa Banuroja, Sabtu (19/9/2020).

Hulondalo.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengaku bangga dan terharu saat disambut dengan beragam adat dan budaya di Desa Banuroja, Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo, Sabtu (19/9/2020).

Menurut Mendes PDTT, seperti inilah Indonesia yang diharapkan di masa mendatang.

“Terus terang saya bangga dan terharu. Kira-kira ya beginilah Indonesia yang kita harapkan di masa-masa yang akan datang. Indonesia yang damai, Indonesia yang penuh dengan toleransi, Indonesia yang saling menghargai,” ujar Mendes.

Mendes juga berjanji akan membawa Desa Banuroja untuk ditiru oleh desa-desa lain se-Indonesia.

“Akan saya tunjukkan kepada desa-desa di Indonesia, di Gorontalo ada Desa Banuroja yang seperti ini modelnya, yang seperti ini rukunnya, yang seperti ini kompaknya untuk ditiru oleh desa-desa lain, tentu dengan mempertimbangkan kearifan lokal masing-masing,” ungkap Mendes.

Mendes PDTT saat memberikan sambutan.

Bahkan Desa Banuroja pun nanti akan diperkenalkan ke forum Internasional.

“Tugas saya tinggal melanjutkan, bagaimana membawa Desa Banuroja dan desa-desa lain yang seperti ini mendunia. Bukan hanya diketahui oleh Indonesia, tapi diketahui oleh dunia,” terang Abdul Halim Iskandar sembari menekankan, akan ditunjukkan bahwa desa-desa di Indonesia layak ditiru oleh negara lain.

Desa Banuroja sendiri telah ditetapkan sebagai Desa Pancasila yang prasastinya ditandatangani langsung oleh Mendes PDTT, Kepala BNPT, Wakil Ketua BPIP, Rektor UNG dan Bupati Pohuwato. (adv/yadin)