Banjir dan Longsor di Pesisir Selatan Gorontalo: Puskesmas Bone Raya Hancur Diseret Air Bah

Banjir dan Longsor di Pesisir Selatan Gorontalo: Puskesmas Bone Raya Hancur Diseret Air Bah

02/08/2020 15:09 0 By Alex
Banjir Bone Bolango Gorontalo

Salah satu rumah di Pesisir Selatan Gorontalo Kabupaten Bone Bolango hancur dihantam banjir bandang. (F. Istimewa)

Hulondalo.id – Musibah banjir dan tanah longsor membuat akses pesisir Selatan Gorontalo di Kabupaten Bone Bolango putus total.

Bahkan, sebuah bangunan Puskesmas di Desa Tombililato, Kecamatan Bone Raya pun hancur terseret air bah, Ahad (2/8/2020).

Dari informasi yang dirangkum Hulondalo.id, setidaknya ada lebih dari 25 titik banjir dan tanah longsor di wilayah pesisir selatan Gorontalo tersebut, mulai dari wilayah Kecamatan Kabila Bone hingga Bone Raya.

Banjir dan tanah longsor ini terjadi menyusul hujan deras yang mengguyur wilayah Gorontalo dan sekitarnya sejak beberapa hari belakangan ini.

Akibatnya, musibah ini tak hanya menutup akses kendaraan dari dan Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), tapi juga membuat rumah-rumah warga dan sejumlah infrastruktur seperti jalan dan jembatan pun luluh lantak diseret banjir.

Yang terbaru, sebuah gedung yang merupakan Puskesmas Bone Raya yang berlokasi di Desa Tombulilato pun hancur terseret air bah. Belum ada konfirmasi terkait jumlah korban jiwa dalam rangkaian peristiwa ini.

Namun, pemerintah daerah setempat telah siaga di beberapa titik lokasi untuk memantau kondisi terkini banjir dan tanah longsor tersebut selama beberapa hari terakhir.

Banjir Bone Bolango Gorontalo

Kondisi terkini banjir yang melanda pesisir selatan Gorontalo Kabupaten Bone Bolango.(f. Istimewa)

Banjir Bone Bolango Gorontalo

Banjir Bone Bolango Gorontalo

Banjir Bone Bolango Gorontalo

Bupati Bone Bolango Hamim Pou pun bahkan turun langsung ke lokasi untuk memastikan kelancaran logistik bagi warga terdampak banjir dan tanah longsor tersebut.

“Saya saat ini sedang konsentrasi di Desa Modelomo (Kecamatan Kabila Bone). Saya minta maaf kepada saudara-saudara kita (yang ada di wilayah Bone Raya cs) karena tidak bisa lewat. Banyak sekali longsoran di wilayah ini,” ucap Bupati Hamim Pou melalui pesan singkat via WhatsApp Masenger.

Pihaknya pun terpaksa melintasi jalur laut menggunakan kapal untuk memberikan bantuan dan logistik bagi warga terdampak banjir di wilayah Kecamatan Bone Raya tersebut.

“Harap dapur umum dibuka di Taludaa. Kita akan naik kapal, siapkan Tagana, Dinsos, BPBD, Dinas Pangan. Bawa beras dan makanan lainnya,” begitu pesan Hamim sebelum berangkat.

Banjir Bone Bolango Gorontalo

Bupati Bone Bolango Hamim Pou pun turun langsung menangani banjir dan tanah longsor di wilayah pesisir selatan Gorontalo.(F. Istimewa)

Hingga berita ini dilansir pukul 14.12 Wita, belum diketahui pasti berapa rumah warga yang rusak terdampak banjir dan longsor, termasuk infrastruktur seperti jalan, jembatan dan fasilitas layanan publik.(Alex)