Banjir di Boliyotuho, Pemkab Gorontalo Salurkan Bantuan

Banjir di Boliyotuho, Pemkab Gorontalo Salurkan Bantuan

02/03/2020 19:59 0 By Maman

Ketua TP PKK Kabupaten Gorontalo Fory Nawai bersama Kadis Kominfo Kabupaten Gorontalo Haris S. Tome menyerahkan bantuan dan makan siang kepada korban banjir di Boliyohuto. (hms)

Hulondalo.id – Pemkab Gorontalo bergerak cepat menyalurkan bantuan bagi korban banjir di Kecamatan Boliyohuto. Bantuan diserahkan kerjasama dengan TP-PKK Kabupaten Gorontalo, Senin (2/3/2020) menyambangi langsung Desa Diloniyohu Kecamatan Boliyohuto Kabupaten Gorontalo, yang direndam banjir setinggi hampir 1 meter.

Bantuan berupa pakaian layak pakai, sembako, obat-obatan dan vitamin disalurkan langsung ke Posko Bencana.

Ketua TP-PKK Kabupaten Gorontalo Dr. Fory Nawai didampingi Kadis Kominfo Kabupaten Gorontalo Haris Suparto Tome dan Sekretaris BPBD Muh. Rahmat, turun langsung membagikan makan siang untuk warga di lokasi terdampak banjir.

“Kita berkoordinasi dengan BPBD, dan beberapa OPD termasuk Dinas Sosial, PKK, Pramuka dan PMI, begitu mendengar informasi, kita langsung turun untuk melihat langsung kondisi di lapangan dan melihat apa yang bisa kita bantu.” ujar Fory.

Santi, warga Diloniyohu kepada Hulondalo.id mengatakan, sudah beberapa kali kawasan ini memang direndam banjir.

“Tapi baru kali ini yang depe air tinggi macam begini,” ungkap Santi.

Selain menyebabkan kerugian materil yang ditaksir senilai Rp. 200 juta, banjir juga menghambat akses warga dari Dusun Aleni Sidomulyo Timur ke Diloniyohu, akibat putusnya jembatan gantung yang menjadi penghubung.

Kepala Desa Diloniyohu Heri Tedi mengatakan, 2 orang warga yang sebelumnya dikabarkan hilang, sudah divakuasi. Kedua warga ini kata dia, saat air naik berada dipinggiran Sungai Diloniyohu.

“Tidak hilang, hanya saat air naik, keduanya berada di pinggir sungai tapi sudah dievakuasi,” ujar Heri.

Sementara itu, Kepala Basarnas Gorontalo Djefri Mewo mengatakan, tak ada kendala berarti yang ditemui dalam proses evakuasi. “Tidak ada kendala, semua kita lakukan sesuai SOP memang untuk lansia itu ada beberapa perlakuan khusus,” tukas dia. (Ika/Adv)