Banjir di Limboto, Begini Tanggapan Adnan Entengo

Banjir di Limboto, Begini Tanggapan Adnan Entengo

23/09/2021 20:55 0 By Syakir

Sisa potongan kayu dan bambu yang dibawa arus air, di Jembatan Limboto.

Hulondalo.id – Hujan deras yang mengakibatkan beberapa wilayah di Kabupaten Gorontalo terendam banjir, menurut Anggota DPRD Provinsi Gorontalo Adanan Entengo, itu karena wilayah hulu sudah tak hijau lagi.

“Sehingganya, saat hujan lebat, terjadi erosi, dan tak mampu menahan debit air hingga melampaui jembatan akses masyarakat di Limboto,” ungkapnya, Kamis (23/9/2021).

Dirinya mengungkapkan, semua pihak harus bekerja ekstra mulai dari pihak baik itu pemerintah daerah kabupaten dan Provinsi Gorontalo, termasuk didalamnya bagaimana mengedukasi masyarakat.

Disisi lain, secara teknis kata Adnan, rendahnya jembatan di dekat Polres Limboto, membuat banyak pipa yang menggantung disitu, membuat banyak sampah tertahan hingga akhirnya air meluap melewati jembatan.

“Saya minta BWS Sulawesi II, agar dapat menangani ini secepatnya dan jangka panjang melibatkan seluruh pihak, dan juga banjir ini diakibatkan perilaku masyarakat yang membuang sampah sembarangan di sungai,”  tegasnya.

Dia menambahkan, selaku anggota badan anggaran (banggar) DPRD Provinsi Gorontalo, ini harus dipikirkan bersama dan menyediakan porsi anggaran secara cepat untuk penanganan banjir di Kabupaten Gorontalo. (Inkri/HL)