Banjir Tak Kunjung Surut, Warga Tolite Minta Solusi di DPRD Provinsi Gorontalo

Banjir Tak Kunjung Surut, Warga Tolite Minta Solusi di DPRD Provinsi Gorontalo

20/09/2021 20:20 0 By Maman

Warga Desa Tolite DPRD Prov Gorontalo

Warga Desa Tolite saat berdiskusi dengan Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo terkait banjir dan penanganannya. (F.Inkri)

Hulondalo.id – Belasan warga Desa Tolite Kecamatan Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo mendatangi DPRD Provinsi Gorontalo. Mereka menyampaikan bencana banjir yang tak kunjung surut dan meminta solusi. Banjir tersebut kata salah seorang warga, Ibrahim Makmur, akibat luapan Sungai Paguyaman.

Ibrahim juga mengatakan, banjir tersebut dirasakan 1.336 warga, kemudian ratusan rumah terendam sudah beberapa hari.

“Kami meminta DPRD dapat menindaklanjuti keluhan ini, sebab, sudah beberapa hari rumah kami terendam air 2 meter, tanggul dan pintu air Sungai Paguyaman harus direalisasikan tahun ini, sebab sudah berulang-ulang kali, rumah kami direndam banjir,” kata Ibrahim saat di wawancarai oleh awak media, Senin (20/9/2021).

Dia berharap, aspirasi ini menjadi perhatian oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo. Ini kata Ibrahim, sangat penting dan menjadi prioritas.

Sementara itu, Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Venny Anwar mengatakan, dijadwalkan Rabu (22/9/2021) medatang bersama Komisi III nanti akan mendatangi lokasi tersebut, melihat situasi dan kondisi sungai dan serta wilayah yang tergenang air.

“Wilayah itu sering terjadi banjir ketika hujan, kami dengan BWS Sulawesi II dan PUPR Provinsi Gorontalo akan sama-sama melihat kondisi wilayah tersebut,” ucapnya.

“Belum bisa dipastika instansi mana yang berwenang untuk sungai paguyaman ini, kita akan sama-sama meninjau dan melihat itu tanggungjawab BWS Sulawesi II atau PUPR Provinsi Gorontalo,” sambung Politisi PDIP itu.

Dia menambahkan, anggota DPRD Provinsi Gorontalo Dapil Boliyohuto juga sudah pernah mengunjungi wilayah itu.

“Semoga nanti akan ada solusinya dalam penanganan tanggul Sungai Paguyaman yang sering terjadi banjir merambat ke pemukiman warga Desa Tolite,” Tandasnya. (Inkri)