Bantah Hoaks!! Tidak Ada Upaya Paksa untuk Vaksinasi

Bantah Hoaks!! Tidak Ada Upaya Paksa untuk Vaksinasi

09/01/2021 14:43 0 By Syakir

vaksin corona

Hulondalo.id – Pemberian vaksin dianggap sebagai ikhtiar pemerintah dalam penanganan virus corona atau covid-19. Kendati demikian, isu adanya upaya paksa dalam pemberian vaksin nanti, tidaklah benar.

Kadis Kesehatan Kabupaten Gorontalo Roni Sampir menjelaskan, ada beberapa syarat orang yang bisa menerima vaksin sinovac.

Pertama, vaksin hanya akan diberikan kepada orang dewasa sehat dengan umur 18 hingga 59 tahun. Artinya, dibawah usia 18 tahun belum akan divaksin.

Kedua, warga penerima vaksin bersedia menerima penjelasan dan menandatangani harus surat persetujuan vaksin.

“kalau misalnya bapak ibu tidak menantangani persetujuan maka tidak akan divaksin, dan ini sangat merugikan kita semua,” ujarnya.

Selanjutnya, Roni juga menambahkan, pemberian vaksin akan mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan. di Kabupaten Gorontalo sendiri, pemberian vaksin akan dilakukan di 27 fasiltas pelayanan kesehatan.

Menambah penjelasan, Kadis Kominfo Kabupaten Gorontalo Haris Tome juga menegaskan, bahwa memang tidak ada paksaan dalam proses pemberian vaksin kepada masyarakat.

Bahkan dikatakannya, pemberian vaksin untuk para pejabat termasuk tenaga kesehatan diawal, untuk memberikan contoh kepada masyarakat, sekaligus menjawab keragu raguan yang ada.

“tidak benar harus akan dilakukan upaya paksa oleh pemerintah, karena dalam pelaksanaanya diawali dengan penandatanganan bersedia menjalani vaksinasi,” ujarnya, saat live yang disiarkan di fanpage Kominfo Kabupaten Gorontalo, Jumat (8/1/2021).

Kendati demikian, Haris juga mangakui kalau vaksin tidak serta merta menghentikan covid-19. Sehingga diharapkan protol kesehatan tetap dipatuhi.

“memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. 3 hal itu menjadi kebiasaan baru kita, dalam menjalani hidup sekarang ini,” tandasnya. (zhk)