Bantuan Sosial Tunai untuk 1547 KK di Tolitoli Mulai Disalurkan PT. Pos Indonesia

Bantuan Sosial Tunai untuk 1547 KK di Tolitoli Mulai Disalurkan PT. Pos Indonesia

20/05/2020 19:34 0 By Maman

Proses penyaluran BST di kantor Pos Indonesia Tolitoli.

Hulondalo.id (Tolitoli) – PT. Pos Indonesia di Tolitoli mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST). Bantuan tersebut diterima 120 Kepala Keluarga (KK) di Kelurahan Panasakan dan Kelurahan Sidoarjo.

“Total BST untuk Tolitoli akan diserahkan kepada sekitar 1547 KK, dan penyaluran akan dilakukan secara bertahap,” ujar Kepala PT. Pos Tolitoli James Rondonuwu.

BST ini kata dia, bersumber dari APBN untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang terdampak Covid–19 di Tolitoli. Ini juga merupakan program dari Kementerian Sosial RI yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Penerima BST kata James, warga yang kurang mampu, atau rentan terdampak pandemi Covid-19 yang sudah tercantum dalam Data Terpadu Kesejahtraan Sosial (DTKS), yang bukan terdaftar sebagai penerima Program Keluarga Harapan dan program sembako pada Kementrian Sosial RI dan Dinas Sosial Tolitoli.

“Setiap KPM akan menerima uang tunai sebanyak Rp 600.000/bulan mulai April 2020 hingga Juni 2020,” ungkap James, Senin (18/5/2020).

Proses penyalurannya juga, dikawal langsung oleh personil Polres Tolitoli dan jajaran Polsek yang dilaksanakan dibeberapa di Tolitoli. Begitu juga untuk teknis pembagiannya, berjalan sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

“Sistem antrian dan physical distancing, wajib memakai masker kepada warga yang menerima bantuan,” ujarnya.

Sementara itu, Polres Tolitoli melalui Kasubbag Humas AKP. Moh Rizal Hi. Bandi menerangkan, pemerintah mengambil kebijakan konkret untuk percepatan penanganan pandemi Covid-19 ini, dengan memberikan Jaring Pengaman Sosial berupa BST.

“Pengamanan dilakukan, agar penyaluran BST tepat sasaran dan tidak ada penyimpangan,” kata dia. (Andis/Adv)