Bantuan untuk Korban Banjir Boalemo, Anas: Terima Kasih Pak Walikota

Bantuan untuk Korban Banjir Boalemo, Anas: Terima Kasih Pak Walikota

22/09/2021 21:09 0 By Syakir

Walikota Gorontalo Marten Taha bersama Plt Bupati Boalemo Anas Jusuf, menandatangani berita acara penyerahan bantuan, Rabu (22/9/2021)

Hulondalo.id – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Boalemo, Anas Jusuf, menyambut kedatangan rombongan pemerintah Kota Gorontalo yang di pimpin langsung Walikota Gorontalo, Marten Taha.

Kedatangan Walikota ini dalam rangka menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada korban banjir bandang yang menimpa masyarakat Desa Mohungo, Kecamatan Tilamuta, Rabu (22/9/2021).

Info yang dirangkum hulondaloid, bantuan tersebut berupa Bantuan Natura dari pemerintah kota Gorontalo, Bank Sulutgo Cabang Gorontalo, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Gorontalo.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Walikota Gorontalo, Marten Taha, didampingi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Boalemo, Sekretaris Daerah Boalemo, Sherman Moridu, Wakil Ketua DPRD Boalemo, Lahmudin Hambali, Ketua PKK Kota Gorontalo, Ketua Ketua BAZNAS Kota Gorontalo dan Ketua BAZNAS Boalemo.

Pada kesempatan itu, Walikota Gorontalo, Marten Taha, mengatakan bahwa kedatangan rombongan dari kota madya dalam rangka kunjungan silaturahmi sekaligus penyarahan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir bandang di desa yang ada di Boalemo.

“Kunjungan ini utamanya adalah silahturahmi saya selaku walikota Gorontalo bersama pak plt bupati Boalemo bersama jajarannya, dan sekaligus saya ingin menjenguk dan melihat dengan saudara-saudara saya yang ada di Mohungo, di mana beberapa hari lalu tertimpa musibah banjir bandang,” ungkapnya.

Kata Marten, tidak ada satupun manusia yang menginginkan terjadinya bencana, baik itu bencana alam maupun non alam, seperti pandemi Covid-19.

“Bencana ini harus kita hindari dan kendalikan. Kita perlu melaksanakan usaha, ikhtiar, dan langkah-langkah strategis untuk menangani bencana ini. Dan berbagai upaya yang dilakukan pemerintah daerah harus didukung oleh masyarakat,” pesan orang nomor satu Boalemo itu.

Sementara itu, Plt Bupati Boalemo, Anas Jusuf, menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah kota madya yang telah memberikan bantuan kepada 183 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 500 jiwa masyarakat Mohungo yang terdampak banjir bandang.

“Banjir bandang yang menimpa masyarakat desa Mohungo ini terjadi pada hari Kamis (16/9/2021) sekitar jam 11 WITA, di akibatkan intensitas curah hujan yang cukup tinggi. Dan memang desa Mohungo ini, menjadi langganan banjir,” ungkapnya.

Kata Anas, ada tiga penyebab banjir bandang yang sering menimpa masyarakat Mohungo saat curah hujan tinggi dan dengan waktu yang cukup lama. Dan dirinya menjelaskan, dalam penanganan itu sudah dilakukan komunikasi bersama kementerian PUPR dan Balai Sungai Provinsi Gorontalo.

“Ada tiga penyebab banjir di desa Mohungo ini, pertama karena disini ada area tangkapan sekitar 75 persen sudah dialihkan dari hutan menjadi tanaman musiman, lalu kedua, saluran penampungan belum memadai, dan yang ketiga, kesadaran masyarakat dalam pembuangan sampah yang masih kurang,” tuturnya.

Sehingga, orang nomor satu Boalemo itu, mengatakan bahwa pemerintah eksekutif maupun legislatif akan menganggarkan untuk penanggulangan banjir di Desa Mohungo.

Setelah selesai menyerahkan bantuan secara simbolis, Walikota Gorontalo, Marten Taha, didampingi Plt Bupati Boalemo, Anas Jusuf, meninjau langsung lokasi yang sering terjadi banjir di desa Mohungo. (Rifal/Adv)