Bantuan yang Disalurkan Pemerintah, Gustam: Penting Dievaluasi

Bantuan yang Disalurkan Pemerintah, Gustam: Penting Dievaluasi

30/07/2021 15:20 0 By Maman

Gustam Ismail

Anggota DPRD Gorontalo Utara, Gustam Ismail.

Hulondalo.id – Terhadap bantuan kepada masyarakat yang telah disalurkan, diharapkan untuk dapat dilakukan monitoring dan juga evaluasi.

Harapan tersebut disampaikan oleh aleg Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Gustam Ismail saat dimintai tanggapannya terkait dengan bantuan pemerintah kepada masyarakat, Jum’at (30/7/2021).

Menurut Gustam, program bantuan kepada masyarakat tentu sangat baik dan ini juga membantu masyarakat terutama dari sisi perekonomian.

“Hanya saja sebelum bantuan tersebut diberikan, tentu ada seleksi terhadap calon penerima bantuan dan juga sampai pada verifikasi lapangan,” kata Gustam.

Sebenarnya tugas dari pemerintah daerah melalui dinas yang memiliki program tidak sampai ketika bantuan tersebut disalurkan.

“Sebenarnya tugasnya justru baru dimulai ketika bantuan tersebut telah berada ditangan masyararakat itu sendiri,” ungkapnya.

Menurut Gustam, terkadang ada juga masyarakat penerima bantuan sedikit nakal, dalam artian bantuan yang diberikan tersebut tidak dimanfaatkan semaksimal mungkin sesuai dengan peruntukannya.

“Terhadap masyarakat nakal tersebut tentu harus ada sanksi yang diberikan agar masyarakat penerima bantuan lainnya tidak ikutan latah menjadi nakal, karena ada sanksi tegas dari dinas terkait pemberi bantuan,” tegas Gustam.

Untuk itu, dinas terkait yang memiliki program bantuan diharapkan untuk dapat secara rutin melakukan evaluasi terhadap bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat tersebut.

“Untuk melihat dan mengetahui sampai sejauh mana bantuan yang diberikan tersebut dimanfaatkan dan yang paling penting untuk mengetahui apakah bantuan tersebut masih ada atau tidak,” ujarnya.

Selain itu juga kata Gustam, dengan monitoring dan evaluasi juga dapat membantu pihak dinas dalam hal mengukur sampai sejauh mana sebenarnya dampak dan manfaat dari program bantuan yang diberikan tersebut.

“Agar kedepan setiap kekurangan yang ditemui terhadap program bantuan tersebut dapat diperbaiki sehingga program untuk masyarakat akan lebih maksimal terukur dan terarah,” tandasnya. (Prin/Adv)