Banyak Kesempatan Memperoleh Beasiswa di Universitas Terbuka

Banyak Kesempatan Memperoleh Beasiswa di Universitas Terbuka

13/07/2020 22:01 0 By admin

Universitas Terbuka Gorontalo

Hulondalo.id – Dalam sebuah diskusi, Direktur Universitas Terbuka (UT) Gorontalo, M. Husni Arifin, Ph.D, menyatakan bahwa, sebagai universitas negeri, UT memiliki tujuan untuk memeratakan pendidikan tinggi ke seluruh Indonesia.

Menurutnya, salah satu tantangan mencapai tujuan itu adalah masih banyaknya penduduk Indonesia yang masih di bawah garis kemiskinan. Karena kemiskinan ini, banyak anak-anak cerdas yang tidak mampu melanjutkan studi ke pendidikan lebih tinggi.

Contohnya seperti sekarang, saat ada pandemi covid19 UT memberikan keringan biaya kuliah bagi mahasiswa yang terkena dampak pandemi.

Selain itu, UT memberikan banyak kesempatan kepada mahasiswanya untuk memperoleh bantuan pendidikan atau beasiswa. Diharapkan dengan adanya beasiswa-beasiswa tersebut mahasiswa yang tidak mampu tetap bisa kuliah.

Diantara beasiswa yang disediakan oleh UT adalah Beasiswa KIP-Kuliah sebelumnya disebut Bidik Misi, tahun ini UT Gorontalo memperoleh kuota 25 mahasiswa. Agar beasiswa tepat sasaran UT bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk merekrut calon penerima mahasiswa dari masyarakat yang membutuhkan.

Disamping KIP, ada beasiswa CSR (Corporate Social Responsibility), beasiswa ini serupa dengan bidik misi, diberikan oleh perusahaan swasta atau BUMN. Ada juga Beasiswa PPA (Prestasi Peningkatan Akademik), yang diberikan khusus kepada mahasiswa dengan syarat memiliki IPK yang baik.

Kemudian tersedia Beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa), serupa dengan beasiswa PPA, namun khusus BBM diberikan kepada mahasiswa tidak mampu.

Selain beasiswa-beasiswa tersebut di atas, di UT masih banyak beasiswa seperti Beasiswa Alumni IKA UT, beasiwa mahasiswa disabilitas, bantuan pendidikan Pemerintah Daerah, beasiswa Mabes Polri, dan ada juga beasiswa prestasi kegiatan kemahasiswaan.

Namun, kesamaan syarat utama memperoleh beasiswa di UT adalah berprestasi baik di bidang akademik dan non akademik. Oleh karena itu bagi calon mahasiswa UT jika ingin memperoleh beasiswa mari kejar prestasi, dan dapatkan beasiswanya di Universitas Terbuka.

Tunggu apalagi segera daftarkan diri Anda melalui layanan registrasi online https://sia.ut.ac.id/. Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi laman http://gorontalo.ut.ac.id/ atau menghubungi kontak Whatsapp UT Gorontalo: 0821 8900 4878. (adv)