Bapak Pembangunan Gorontalo itu, Rusli Habibie..

18/07/2019 23:23 0 By admin

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie didampingi Kadis PUPR Handoyo meninjau jembatan Molintogupo yang menghubungkan Kecamatan Suwawa dan Suwawa Selatan. (Foto: Dok. Humas).

Hulondalo.id – Dua periode menjabat Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie mampu membangun berbagai infrastruktur penting, mulai dari akses jalan, bandara, rumah sakit hingga menjamin ketersediaan energi listrik.

Ditengah nyinyiran para elit, Rusli Habibie kini justru mulai dieluk elukkan sebagai bapak pembangunan oleh masyarakat. Sejumlah tokoh pun ikut mengamini julukan itu.

Jika melihat sederet janji Rusli Habibie khususnya infrastruktur, dalam 7 tahun terakhir dirinya menjabat, rata rata sudah terpenuhi. Jangankan yang diprogramkan NKRI, program yang diawali gubernur terdahulu yang tak kelar, dituntaskan di zaman Rusli.

Sebut saja PLTU Anggrek di Gorontalo Utara, yang kini mulai memproduksi listrik 25 MW dan sudah masuk dalam jaringan Sulutenggo. Rencananya akhir tahun nanti, digenapkan jadi 50 MW.

Proyek yang menelan APBN senilai Rp 2,4 trilyun itu, dimulai di zaman gubernur terdahulu tapi kemudian terhenti, setelah di lobi kembali akhirnya perlahan mulai tuntas di jaman Rusli Habibie.

Infografis (by : anwart)

“Alhamdulillah sekarang bicara listrik, kita sudah over alias surplus. dan sekitar Desember nanti digenapkan jadi 50 MW. elektrifikasi rakyat Gorontalo sudah 98 % sisanya nanti sisanya terpenuhi saat jaringan listrik masuk ke seluruj desa dan dusun,” ungkap Gubernur Rusli Habibie kala meninjau PLTU Anggrek, Kamis (18/7/2019).

Itu baru listrik. Belum termasuk infrastruktur lain seperti jalan dan jembatan, Bendungan Randangan Pohuwato yang mengairi ratusan hektar sawah, bandar udara yang sedang diproyeksikan menjadi embarkasi haji, dan Gorontalo Outer Ring Road (Gorr) serta Rumah Sakit .

Rusli memastikan infrastruktur yang dibangun itu benar benar didasari pada kebutuhan masyarakat. Jadi tak sekedar mendirikan bangunan monumental, tapi mamfaatnya juga harus besar.

Masyarakat pun mulai menggunakan istilah Bapak pembangunan yang merujuk ke Rusli Habibie. Dan menariknya lagi, semua pembangunan itu digenjot ditengah serangan bertubi tubi dari lawan politik.

Ketersediaan listrik dalam jumlah surplus, hingga akses transportasi dan jalan cukup mendukung, Rusli pun mulai mengajak saatnya investor masuk. Dirinya pun menjamin kemudahan dari sisi perizinan. (**)

loading...