Bappenas Temukan Potensi Geopark Nasional di Gorontalo Utara

Bappenas Temukan Potensi Geopark Nasional di Gorontalo Utara

19/02/2020 22:27 0 By Maman

Wabup Gorontalo Utara Thariq Modanggu menghadiri audience sinergitas program/kegiatan pengembangan geopark di Gorontalo Utara, di Aula Kantor Bappeda Gorontalo Utara. (hms)

Hulondalo.id – Beberapa tempat di Gorontalo Utara, berpotensi dan diyakini bisa menjadi geopark nasional. Kini, sejumlah upaya akan dilakukan, untuk mewujudkannya.

Wabup Gorontalo Utara Thariq Modanggu mengatakan, Bappenas bersama Komite Geopark Gorontalo dan tim pakar UNG, telah berkunjung ke Gorontalo Utara. Sejumlah tempat ditemukan dan diyakini, berpeluang menjadi geopark.

“Memang butuh kajian secara komprehensif, minimal ada 20 geoside,” kata Wabup dalam audience sinergitas program/kegiatan pengembangan geopark di Gorontalo Utara, di Aula Kantor Bappeda Gorontalo Utara, Rabu (19/2/2020).

Data teknis dari OPD kata Wabup, juga penting termasuk soal bebatuan berupa kajian secara khusus. Untuk kajian sosial menurut dia, bisa dilakukan melalui FGD.

Karenanya, koordinasi telah dilakukan dengan Bidang Penelitian Bappeda, agar bisa mengalokasikan anggaran di Perubahan APBD.

“Anggaran nantinya akan dimanfaatkan untuk riset geoside di Gorontalo Utara,” ungkap Wabup.

Jika data hasil penelitian sudah bisa diajukan diakhir tahun ini, bukan tak mungkin kata Wabup, peluang Gorontalo Utara masuk dalam geopark nasional semakin terbuka. (Prin/Adv)