Batal Berangkat Haji, 991 CJH Gorontalo Diminta Bersabar

Batal Berangkat Haji, 991 CJH Gorontalo Diminta Bersabar

07/06/2021 11:51 0 By Syakir

Kakanwil Kementrian Agama Provinsi Gorontalo Dr. H Syafrudin Baderung, M.Pd

Hulondalo.id – Keputusan pembatalan keberangkatan jamaah haji Indonesia diatur dalam keputusan Menteri Agama RI No.660 Tahun 2021. Pandemi covid-19 jadi alasan keputusan itu.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Gorontalo Dr. H Syafrudin Baderung, M.Pd., mengatakan, di Gorontalo sendiri 991 calon jemaah haji batal berangkat pada haji tahun 2021.

“Indonesia saat ini belum mengirimkan calon jemaah haji reguler ke Arab Saudi. Keputusan ini diambil karena melihat perkembangan hingga tanggal 22 Syawal Arab Saudi belum mengundang Indonesia sedikitpun tentang haji. Biasanya, secara rutin haji itu dibahas bersama Pemerintah Arab Saudi dan Pemerintah Indonesia,” ungkapnya kepada Hulondalo.id, Senin (7/6/2021).

“991 ini jema’ah haji yang batal berangkat di tahun 2020, dan diprioritaskan pada tahun ini, tapi berdasarkan hasil keputusan menteri Agama baru-baru batal lagi untuk berangkat. Namun, tetap akan diprioritaskan jika sudah bisa mengirim calon jama’ah nanti,” sambungnya.

Syafrudin mengimbau kepada masyarakat calon jemaah haji, jikalau kita belum mendapat panggilan dari Allah SWT untuk berangkat haji, diharapkan dapat bersabar. Kata ia, semua sesuai panggilan Allah SWT, mungkin saat ini Allah SWT belum mengizinkan kita untuk berada di tanah suci Arab Saudi.

Dikatakan Syafrudin di Gorontalo sendiri, daftar tunggu bagi calon jemaah haji rata-rata 7-10 tunggu sudah bisa berangkat haji, dikarenakan ada penambahan kuota, batal berangkat, meninggal dunia, bagi calon jemaah haji reguler. (Inkri/Adv)