Bawaslu Beberkan Data Dugaan Pelanggaran di Pilkada Bonbol

Bawaslu Beberkan Data Dugaan Pelanggaran di Pilkada Bonbol

07/10/2020 11:22 0 By Jeffry

Komisioner Bawaslu Bone Bolango saat berbincang dengan insan media.

 

Hulondalo.id – Bawaslu Bone Bolango membeberkan sejumlah data dugaan pelanggaran kampanye yang terjadi selama pilkada berlangsung.

Total ada 17 dugaan pelanggaran yang saat ini ditangani, baik yang masih sementara berproses maupun yang kasusnya telah selesai, yang dibagi dalam beberapa kategori jenis pelanggaran.

“Dugaan pelanggaran tersebut yakni 16 dari hasil temuan dan 1 berupa laporan,” kata Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Alti Mohamad, Rabu (7/10/2020).

Secara rinci dirinya menyebut, dari 16 temuan dugaan pelanggaran tersebut 10 temuan ditindak lanjuti, 5 dihentikan dan 1 sementara berproses.

Dirinya juga  mengatakan, 16 temuan tersebut terbagi dalam beberapa kategori jenis pelanggaran yang meliputi pelanggaran kode etik sebanyak 7 kasus, pelanggaran administrasi 1 kasus dan pelanggaran netralisme ASN sebanyak 7 kasus serta 1 kasus masih sementara berproses yang jenis pelanggarannya belum diketahui.

“Nah, untuk netralitas ASN ini kita sudah teruskan ke KASN. Ada 4 temuan yang memenuhi unsur dan 3 kasus kita hentikan,” ujar Alti.

Sementara untuk 1 laporan kata dia sudah dihentikan setelah dinyatakan tidak memenuhi unsur pelanggaran Pilkada.

“Jumlah tersebut sudah diakumulasi. Termasuk untuk pelanggaran kode etik yang dilakukan pengawas di tingkat bawah juga PPS dan PPK,” tandasnya.(Jeff)