Bawaslu Minta KPU Jangan Bangun TPS di Lokasi Rawan

Bawaslu Minta KPU Jangan Bangun TPS di Lokasi Rawan

13/03/2019 20:08 0 By Syakir

Simulasi pungut hitung suara, yang digelar Bawaslu Provinsi Gorontalo, Rabu (13/3/2019). foto : rinto

Hulondalo.id – Bawaslu Provinsi Gorontalo akan turun dengan kekuatan penuh, dalam pengawasan proses pungut hitung suara di 3.363 tempat pemungutan suara 17 April mendatang.

Nah, untuk memkaismalkan kinerja pengawasan, Rabu (13/3/2019) digelar simulasi pungut hitung, yang diikuti oleh seluruh staf dilingkungan Bawaslu Provinsi Gorontalo.

Komisioner Bawaslu Gorontalo Idrus Usuli mengatakan, simulasi digelar dengan tujuan agar setiap pengawas pemilu, mengetahui tata cara pemungutan suara. Dengan harapan, proses pengawasan di lapangan bisa berjalan maksimal.

“Jika seumpama terjadi kecurangan di TPS, teman teman (Staf Bawaslu) yang sementara ikut bimtek (Bimbingan teknis) ini, bisa memberikan gambaran paling tidak hal hal yang akan terjadi di TPS itu” ungkap Idrus.

Soal lokasi TPS, Idrus juga menuturkan kalau pihaknya akan berkoordinasi dengan KPU, untuk mengidentifikasi TPS dengan tingkat kerawanan. Namun, Bawaslu berharap agar KPU tidak membangun TPS di lokasi bermasalah.

Tidak hanya itu, Idris Usuli juga mengatakan, Bawaslu juga memastikan TPS yang akan digunakan sesuai dengan jumlah pemilih, bebas banjir, serta mudah dijangkau masyarakat, khususnya lansia, orang sakit, dan penyandang disabilitas.

Selanjutnya, terkait dengan pengawasan TPS, untuk Provinsi Gorontalo PTPS telah rampung, berdasarkan dari laporan Bawaslu kabupaten/kota, dan selanjutnya pada tanggal 25 Maret mendatang, PTPS tersebut akan dilatih, ungkap Idris Usuli. (rto)