Bawaslu Tolak Laporan Dugaan Pelanggaran Administrasi Ismet Mile

Bawaslu Tolak Laporan Dugaan Pelanggaran Administrasi Ismet Mile

05/10/2020 21:52 0 By Jeffry

 

Bawaslu Bone Bolango saat melakukan konferensi pers terkait status laporan dugaan pelanggaran administrasi terhadap calon bupati Ismet Mile, Senin (5/10/2020).

Hulondalo.id – Bawaslu Kabupaten Bone Bolango memutuskan untuk menolak laporan yang dilayangkan terhadap calon Bupati Ismet Mile atas dugaan pelanggaran administrasi, Senin (5/10/2020).

Bawaslu menilai pelanggaran yang dilakukan oleh calon bupati tidak memenuhi unsur pelanggaran pemilihan.

“Berdasarkan kajian terhadap fakta-fakta dan keterangan yang didukung dengan bukti, maka kami Bawaslu Kabupaten Bone Bolango menyimpulkan bahwa laporan yang disampaikan pelapor tidak memenuhi unsur pelanggaran pemilihan,” kata Kordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Alti Mohamad.

Sebelumnya, calon Bupati Ismet Mile diadukan atas dugaan pelanggaran administrasi oleh masyarakat dalam laporan dengan nomor register 01/LP/PB/KAB/29.30/X/202.

Dalam laporan tersebut, pelapor menilai Ismet Mile belum memenuhi syarat pencalonan sebagai kepala daerah karena belum menyelesaikan masa jeda tahanan selama 5 tahun dalam perkara pidana korupsi.

Bawaslu pun segera menindaklanjut laporan tersebut dengan memanggil pelapor, terlapor dan sejumlah saksi-saksi untuk dimintai keterangan termasuk memanggil Kalapas Kelas II A Gorontalo.

“Dalam surat keterangan tentang pembebasan bersyarat yang dikeluarkan oleh Lapas Kelas II A Gorontalo pada 17 April 2020 disebutkan dengan jelas Ismet Mile telah menjalani pidana penjara pada tanggal 3 Desember 2014. Jadi tidak ada pelanggaran,” kata Alto lagi.

Dengan begitu, Bawaslu pun menyatakan calon bupati Ismet Mile dinyatakan memenuhi syarat dan lolos dalam pemilihan Kepala Daerah Bone Bolango 2020.

“Yang pasti laporan ini sudah selesai kami proses. Jadi, jika ada lagi laporan yang sama, itu kita tidak akan proses lagi,” sambung Ketua Bawaslu Bonbol Fahri Kaluku.(Jeff)