Bedah Buku Jejak Penyebaran Islam di Kota Blitar Peringati Tahun Baru 1442 Hijriah

Bedah Buku Jejak Penyebaran Islam di Kota Blitar Peringati Tahun Baru 1442 Hijriah

25/08/2020 19:50 0 By Maman

Walikota Blitar, Santoso memberikan sambutan dalam acara Bedah Buku dengan judul Jejak-jejak Penyebaran Islam di Kota Blitar. (foto:hms)

Hulondalo.id – Bedah buku digelar Pemkot Blitar Provinsi Jawa Timur dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1442 Hijriah. Buku yang dibedah kali ini judulnya, Jejak-jejak Penyebaran Islam di Kota Blitar.

Walikota Blitar, Santoso mengatakan, cerita tentang asal usul maupun semangat perjuangan oleh para pendahulu penting untuk juga dipahami secara bersama-sama. Diantaranya, tentang sejarah masuknya Islam di Kota Blitar.

“Kedepan, generasi penerus kita mengetahui dan terus melanjutkan semangat yang terkandung baik tersirat dan tersurat dari apa yang para pendahulu telah rintis,” kata Walikota di Balai Kusumo Wicitro Kota Blitar Jawa Timur, Selasa, (25/08/2020).

Buku yang dibedah ini juga diakui Walikota, tema yang menarik di awal tahun baru Islam. Dia berharap, konteks muatan lokal budaya dapat digali, agar masyarakat tahu tentang masuknya Islam di tanah Jawa dan Blitar khususnya.

“Prinsipnya seperti pesan Bung Karno, Jangan Pernah Melupakan Sejarah yang juga dikenal dengan istilah, Jas Merah,” ungkap Walikota.

Salah satu contoh sejarah yang tak banyak diketahui masyarakat kata Walikota lagi, Mushola An Nur di Desa Plosokerep Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, merupakan peninggalan para pengikut Pangeran Diponegoro.

Semoga kata Walikota, bedah buku ini menjadi dasar pendidikan untuk para generasi penerus. Bedah buku ini juga diikuti sejarawan, guru sejarah, guru bidang IPS, serta perwakilan masyarakat.

Protokol kesehatan Covid-19 juga diterapkan pada acara dengan membatasi peserta yang hadir. (Anang/Adv)