Begini Saran Kemenparekraf RI Buat Kembangkan Pariwisata Gorontalo

Begini Saran Kemenparekraf RI Buat Kembangkan Pariwisata Gorontalo

31/03/2021 12:11 0 By Alex

Kemenparekraf bersih-bersih pantai

Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf RI, Wawan Gunawan saat memimpin aksi bersih-bersih pantai dalam program Indonesia Care Pengembangan Destinasi Pariwisata di Pantai Dulanga di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Selasa (30/3/2021).

Hulondalo.id – Direktur Pengembangan Destinasi II, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Wawan Gunawan tak menampik jika Gorontalo telah memiliki semua potensi wisata yang patut untuk dikembangkan.

Walaupun demikian, semua potensi tersebut tidak cukup untuk menjadi destinasi yang baik dan ramah wisatawan. Semua pihak harus mampu memberikan kepastian dan kenyamanan, mulai dari kepastian kebersihan, keamanan hingga kesehatan akan protokol kesehatan.

“Dari aspek keindahan alam, atraksi budaya dan kuliner, Gorontalo juga memiliki keunikan dibandingkan dengan daerah lain,” kata Wawan saat aksi Kolobarasi Bersih Pantai Dulanga di Desa Bongo, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo, Selasa (30/3/2021)

“Turis melihat bagaimana kebersihannya. Toiletnya seperti apa sih? Jangan sampai wisatawan datang menahan buang air karena jorok,” sebut Wawan.

Terkait dengan keindahan pantai Dulanga dan Desa Wisata Religi Bongo, Wawan menyebut lokasi tersebut sudah sangat ideal. Karena desa tersebut menyuguhkan atraksi budaya dengan spirit spiritual dan kearifan lokal.

Namun kini pekerjaan rumah semua pihak adalah, kata Wawan, bagaimana meyakinkan wisatawan.

“Orang harus yakin datang ke sini. Saya aman, karena sudah ada petugasnya. Merasa nyaman, saya tidak akan kecopetan, saya tidak akan dihipnotis, saya tidak tenggelam, karena sudah siap. Jadi bagaimana kita sama-sama meyakinkan wisatawan bahwa destinasi siap dikunjungi dan siap dinikmati,” sambung dia.(adv/alex)