Begini Sosok Alm. Hasan Abas Nusi di Mata Marten Taha

Begini Sosok Alm. Hasan Abas Nusi di Mata Marten Taha

10/08/2020 08:53 0 By Jeffry

Walikota Gorontalo Marten Taha saat menghadiri takziah Almarhum Hasan Abas Nusi. (F. Humas)

Hulondalo.id –  Bagi Walikota Gorontalo Marten Taha, sosok Hasan Abas Nusi adalah bukan saja sebagai orang tua namun juga seorang guru. Betapa tidak, dari dialah Marten banyak belajar tentang ilmu kepemimpinan.

Seperti diketahui Alm. Hasan Abas Nusi semasa hidupnya pernah menjabat Walikota Gorontalo tahun 1978-1983 dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara tahun 1995-2000. Almarhum meninggal dunia Sabtu (8/8/2020), pada usia 83 tahun.

“Almarhum banyak mendedikasikan hidupnya buat  Gorontalo” ujar marten saat menghadiri ta’jiah hari kedua sepeninggalnya mendiang Hasan Abas Nusi, Ahad (9/8/2020).

Marten pun mengisahkan keteladaan tokoh terbaik Gorontalo itu. Kala itu, keduanya masih aktif diberbagai kegiatan organisasi kepemudaan dan olah laga.

“Hampir semua organinasi yang dipimpinnya saya termasuk pengurus di dalamnya, bahkan menjadi sekretaris di beberapa organisasi itu,” kenang Marten.

Organisasi yang pernah dijalani bersama, diantaranya ketika keduanya menakhodai Korwil Ikatan Cendekia Muslim (ICMI) dan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia Provinsi Sulawesi Utara kala itu.

“Banyak ilmu yang bermanfaat ditularkan kepada saya. Ada pesan yang selalu saya ingat dari Almarhum, untuk terus mengabdi kepada masyarakat dengan tulus dan ikhlas tanpa berharap pamrih,” ungkap Marten.

Kedekatan keduanya sampai berlanjut saat  Marten menjadi Walikota Gorontalo, banyak petuah yang di wasiatkan kepada Marten untuk menjadi pemimpin dan tauladan yang baik bagi warga Kota Gorontalo.

Di mata Marten, almarhum tidak hanya sekedar sebagai orangtuanya, namun adalah guru  yang selalu membimbing agar setiap tindakan bernilai manfaat bagi orang lain.

“Selamat jalan sang guru, semoga ilmu yang engkau berikan menjadi amal jariahmu, di alam sana,” ucap Marten dalam doanya.