Belajar Daring, Thariq: Perlu Upaya Memaksimalkannya

Belajar Daring, Thariq: Perlu Upaya Memaksimalkannya

21/08/2021 22:14 0 By Maman

Wabup Thariq Kunjungi Dinas Pendidikan

Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modangu saat berkunjung ke kantor Dinas Pendidikan Gorontalo Utara. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Wabup Gorontalo Utara, Thariq Modanggu meminta ada perencanaan penganggaran pendirikan dalam upaya memaksimalkan penerapan belajar secara daring. Salah satunya kata Wabup, data terkait kemampuan orang tua dan siswa.

Data dimaksud kata Wabup, penting untuk diketahui dimasa pandemi. Pendataan kemampuan siswa dalam rangka daring juga harus diketahui. Misalnya, berapa siswa yang memiliki laptop, HP.

“Berapa siswa yang harus meminjam atau menumpang perangkat tersebut untuk bisa belajar daring, kemudian siapa yang tidak atau belum mampu membeli paket data dan lain-lain,” kata Wabup, usai mengunjungi Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo Utara, Jum’at (20/8/2021).

“Data ini harus ada, dari data ini kita bisa melakukan perencanaan penganggaran pendidikan kedepan, perlu ada satu strategi, karena tidak mungkin semua harus diberikan pulsa,” tambahnya.

Wabup meminta, Dinas Pendidikan melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial untuk mengetahui kondisi orang tua siswa, yang statusnya ada dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), masuk dalam desil berapa.

“Agar bisa diketahui benar-benar siswa kita ini membutuhkan bantuan dalam rangka daring tadi,” jelasnya.

Sebab kata Wabup, jika pembelajaran masih akan dilakukan secara daring, namun ternyata tak didukung oleh fasilitas yang memadai.

“Ini poin-poin yang kami harapkan bisa dipersiapkan,” tukas Wabup. (Prin/Adv)