Belajar Daring, Tuntut Guru Lebih Kreatif & Kerja Ekstra

Belajar Daring, Tuntut Guru Lebih Kreatif & Kerja Ekstra

05/08/2021 22:49 0 By Maman

Iskandar Abdullah

Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Gorontalo, Dr. Iskandar Abdullah, M.Pd saat diwawancarai awak media. (F. Inkri)

Hulondalo.id – Belajar secara daring dimasa Pandemi Covid-19, menuntut kerja ekstra dan kreatifitas dari setiap guru. Termasuk para guru di SMA Negeri 4 Gorontalo, yang juga rindu akan belajar tatap muka dengan peserta didiknya.

Namun kata Kepsek SMA Negeri 4 Gorontalo, Iskandar Abdullah, pandemi tak hanya membuat para guru kerja ekstra juga kreatif, namun juga menimbulkan kerinduan untuk bertatap muka dengan para peserta didik.

Bahkan kata Iskandar, setiap guru pasti berkeinginan memberikan yang terbaik bagi siswanya dalam mendapatkan pendidikan.

“Ini sudah menjadi tanggungjawab masing-masing, baik itu guru maupun orang tuanya,” ungkap, Kamis (5/8/2021).

Jumlah siswa SMA Negeri 4 Kota Gorontalo ditahun 2020 ada 756 siswa. Mereka semua mengikuti pelajaran secara daring tanpa terkecuali. Sebelumnya, 10% datang di sekolah, tapi dengan meningkatnya pandemi, maka dikembalikan secara daring.

Kepada Hulondalo.id, Iskandar juga menuturkan, pembelajaran daring ini membuat guru kerja ekstra. Guru juga harus memiliki kreativitas dan memberikan motivasi penuh kepada siswa untuk hadir belajar secara online.

“Peran guru sangat diuji, yang tadinya hanya membawa bahan ajar, namun saat daring diuji sebagai orang kreator dari siswa yang tak hadir sampai ingin belajar atau hadir,” jelasnya.

Dalam proses pembelajaran juga kata Iskandar, perlu ada pengawasan baik dari guru maupun orang tua. Sebab siswa harus memiliki perhatian penuh mulai dari mengerjakan tugas hingga belajar daring.

Iskandar berharap, semoga sekolah cepat dibuka untuk menerapkan belajar tatap muka dan, semoga pula pandemi Covid-19 segera berakhir. (Inkri)