Beli Narkoba Lewat Media Sosial, Pria Ini Ditangkap Sat Resnarkoba Polres Halut

Beli Narkoba Lewat Media Sosial, Pria Ini Ditangkap Sat Resnarkoba Polres Halut

19/09/2020 20:01 0 By Maman

Barang bukri berupa tembakau gorila yang diamankan Sat Resnarkoba Polres Halut. (foto:istimewa)

Hulondalo.id – Satuan Resnarkoba Polres Halmahera Utara, kembali berhasil menggagalkan peredaran narkotika. Dua pria ditangkap masing-masing, RK dan FP. Pengakuan dihadapan petugas, narkotika jenis tembakau gorila atau ganja sintesis ini, dipesan online lewa media sosial.

Kasubag Humas Polres Halut, Iptu Mansyur Basing mengatakan, penangkapan ini berkat informasi yang disampaikan masyarakat. Jum’at (18/9/2020) kata Mansyur, sekitar pukul 14.00 WIT, Tim Opsnal Sat Resnarkoba Polres Halut akan ada transaksi narkotika melalui jasa pengiriman.

Tim kata dia, langsung bergerak ke TKP di Desa Gura, Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara. RK yang saat itu akan mengambil paket di kantor jasa pengiriman, tak bisa berbuat setelah didatangi petugas.

“Terlapor RK ditangkap saat mengambil satu buah paket yang diduga narkotika,” kata Mansyur, Sabtu (19/9/2020).

Tim kemudian melakukan pengembangan terhadap RK. Hasil pengembangan, RK mengaku paket tersebut isinya narkotika jenis tembakau gorila atau ganja sintetis, dengan berat 11.17 gram dan pemiliknya berinisial FP alias Ical.

Dari info tersebut, tim mengamankan FP disekitar lapangan Karianga, tepatnya di Desa Gosoma, Kecamatan Tobelo Kota, Kabupaten Halmahera Utara. Hasil interogasi, terlapor mengakui bahwa barang tersebut adalah benar miliknya, dan dipesan secara online melalui media sosial.

“Tm mengamankan para terlapor beserta barang bukti 1 paket ganja sintetis dan 2 unit handpone untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh Sat Resnarkoba Polres Halut dan Direktorat Narkoba Polda Malut,” ungkap Mansyur.

“Pelaku diduga melanggar Pasal 114 Ayat (1), UU Nomor 35 Tahun 2009, tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun, maksimal 20 tahun kurungan atau seumur hidup,” tambahnya. (AT)