Beli Tiket Tempat Wisata di Kota Gorontalo sudah Pakai QRIS

Beli Tiket Tempat Wisata di Kota Gorontalo sudah Pakai QRIS

17/07/2021 21:20 0 By Syakir

Launching pemanfaatan QRIS sebagai alat transaksi non tunai di Kolam Lahilote Kota Gorontalo, Sabtu (17/7/2021)

Hulondalo.id – Sekretaris Daerah Kota Gorontalo Ismail Madjid mengatakan, gerakan non tunai mulai digalakkan di Kota Gorontalo. Tak hanya di lingkungan pemerintah daerah, kini retribusi tempat wisata pun mulai menggunakan QRIS.

QR-Code Indonesian Standard atau QRIS ini kata Ismail, di Kota Gorontalo sendiri mulai digalakkan penggunaannya sebagai alat transaksi non tunai sejak awal 2021.

“Nah, QRIS ini sangat membantu utamanya di saat pandemi Covid-19 seperti ini, sebab tak menggunakan tunai, namun dengan Non-tunai,” ungkapnya, Sabtu (17/7/2021) saat launcing penggunaan QRIS di Kolam Lahilote Kota Gorontalo.

Dirinya menjelaskan, dengan QRIS ini juga, bagi para penyelenggara baik itu OPD di lingkungan pemerintah Kota Gorontalo dan khususnya masyarakat bisa bertransaksi secara non tunai, cukup menggunakan aplikasi QRIS. Cara ini juga bisa menjamin akuntabilitas serta meminimalisir terjadinya penyalahgunaan.

“InsyaAllah dengan penggunaan QRIS ini bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui sarana retribusi pemanfaatan sarana olahraga dan wisata di Kota Gorontalo,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kota Gorontalo Effendy SJ. Rauf, mengatakan, penggunaan QRIS ini sudah bekerjasama dengan pihak Bank Indonesia oleh bapak Walikota Gorontalo Marten Taha.

“Saat ini, tinggal penerapannya dalam pembayaran non tunai menggunakan QRIS oleh masyarakat saat mengunjungi wisata dan ini mempermudah masyarakat juga,” kata Effendy.

Wisata di Kota Gorontalo, diantaranya kolam Lahilote, benteng Otanaha, tempat pemandian potanga, sudah siap barcodenya untuk diletakkan disemua wisata di Kota Gorontalo. (inkri)