Belum Punya Buku Nikah, Bisa Ikut Sidang Isbat di Pengadilan Agama Negeri Gorontalo

06/11/2019 17:27 0 By Maman

Tim Pengadilan Agama Negeri Gorontalo melakukan verifikasi data terhadap pasangan suami istri di Kantor Urusan Agama Kota Timur Kota Gorontalo, Rabu (6/11).

Hulondalo.id- Pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah, diharapkan bisa memanfaatkan momen pelaksanaan Sidang Isbat Nikah yang akan digelar Pengadilan Agama Negeri Gorontalo.

Ditemui Rabu (6/11/2019), Panitera Pengadilan Agama Negeri Gorontalo Taufik M. Ngadi mengatakan, saat ini verifikasi data sementara dilakukan terhadap pasangan suami istri yang belum memiliki buku nikah, di seluruh kecamatan yang ada di Kota Gorontalo.

Verifikasi kata dia, dilakukan selama dua hari.

“Ini hari kedua, sebelumnya hari pertama untuk Kecamatan Kota Barat, Sipatana, Kota Tengah, dipusatkan di Kecamatan Dungingi,” kata Taufik.

Dihari kedua kata Taufik, dilakukan untuk wilayah Kecamatan Kota Utara, Hulondalangi,  Dumbo Raya, dan Kota Selatan, dipusatkan di Kota Timur.

Pada hari pertama sebelumnya kata Taufik, tercatat 83 pasangan telah dilakukan verifikasi data. Dan dihari kedua, ada 180 pasangan yang telah dicatat.

Melalui verifikasi ini, untuk memperoleh data pasangan yang belum mempunyai buku nikah, sehingga akan dilakukan sidang Isbat Nikah Terpadu, yang akan melibatkan Kementerian Agama Kota Gorontalo, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Gorontalo.

“Rencananya, Sidang Isbat akan dilaksanakan pada di akhir Bulan November 2019,” ujar Taufik.

Taufik juga menegaskan, dengan dilakukannya Isbat Nikah ini, akan memberikan kepastian hukum terhadap identitas perkawinan suami istri yang belum memiliki buku nikah.

“Sidang isbat nikah ini juga, tidak dipungut biaya, alias gratis”, ungkap Taufik. (Rinto)