Beras Tak Terserap Baik di Pasaran, Warsito: Perlu Revitalisasi Gilingan Padi

Beras Tak Terserap Baik di Pasaran, Warsito: Perlu Revitalisasi Gilingan Padi

22/02/2021 23:56 0 By Maman

Warsito Sumawiyono

Anggota Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo, Warsito Sumawiyono.

Hulondalo.id – Revitalisasi gilingan padi diantara solusi yang disampaikan anggota Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo, Warsito Sumawiyo melihat kualitas beras di Provinsi Gorontalo. Dampaknya, beras yang ada saat ini, tidak terserap maksimal oleh pasar.

Warsito mengatakan, Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo agar memperhatikan kondisi ini, khususnya produktivitas padi Gorontalo melalui, penyuluhan dan pendampingan langsung dengan program-program yang ada.

“Selama ini produk padi Gorontalo, masih dikuasai oleh Sulawesi Selatan dan Tengah,” ungkapnya, Senin (22/2/2021).

“Segera revitalisasi gilingan-gilingan padi yang ada, agar menghasilkan padi yang berkualitas demi daya jual di kalangan masyarakat Gorontalo,” tambahnya.

Selama ini juga kata Warsito, metode produksi padi yang dijalankan, masih memakai metode tahun 80-an. Seharusnya sudah berubah.

“Kami mendorong Dinas Pertanian untuk berjuang di Kementerian Pertanian terkait revitalisasi gilingan padi di Gorontalo, dalam waktu dekat ini, ada pilot project yang akan dibuat untuk meningkatka kualitas padi,” ujar Warsito.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo, Dr. Mulyadi Mario mengatakan, produksi padi yang tak terserap dengan baik di pasar, memang benar adanya. Sebab petani hanya mengedepankan keuntungan, bukan kualitas padi.

“Kalau itu dikejar maka kualitas padi tidak akan tercapai sampai kapanpun,” tutur Mulyadi.

Dia juga menambahkan, intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa bulan belakangan, berdampak pada kualitas padi di Gorontalo. (MG01/Adv)