Berjuang Dimasa Pandemik, Marten Gandeng Perbankan Dorong UMK Tetap Sehat

Berjuang Dimasa Pandemik, Marten Gandeng Perbankan Dorong UMK Tetap Sehat

07/07/2021 20:38 0 By Maman

Pimcab BNI Gorontalo Walikota Marten

Walikota Gorontalo, Marten Taha saat beraudiensi dengan Pimpinan Cabang BNI Gorontalo, Adi Ismail. (foto:hms)

Hulondalo.id – Pemerintah Kota Gorontalo berjuang keras menyelamatkan kondisi ekonomi daerah, dari himpitan pandemik Covid-19. Salah satunya terhadap Usaha Mikro dan Kecil (UMK).

Saat beraudensi dengan Pimpinan Cabang BNI Gorontalo, Adi Ismail, Walikota Gorontalo, Marten Taha menyampaikan rencananya untuk menggandeng perbankan, mendorong pelaku UMK tetap sehat dalam mengembangkan usahanya.

Walikota meminta BNI dapat memberikan fasilitas kucuran bantuan permodalan bagi UMK, lewat program kredit lunak bagi masyarakat yang memiliki usaha.

“Kondisi seperti ini, masyarakat sangat membutuhkan suntikan modal untuk mengembangkan usahanya,” ujar Walikota di rudis, Rabu (7/7/2021).

Dukungan dari perbankan kata Walikota, akan sangat membantu pemerintah dalam memulihkan ekonomi nasional. Untuk membangkitkan kembali geliat perekonomian, harus dilakukan secara kolaborasi dan sinergi.

Perhatian Pemkot Gorontalo kepada pelaku UMK, tidak hanya permodalan saja. Namun kata Walikota, turut mendorong SDM yang memiliki keahlian dan kreatifitas memasarkan produknya, melalui program UMK digital.

Para pelaku UMK diberikan pelatihan peningkatan kapasitas pemanfaatan pasar digital.

Terhadap hal tersebut, Adi Ismail menyambut baik, untuk menjaga stabiltas ekonomi tetap tumbuh dan terjaga. Adi mengatakan, BNI akan memfasilitasi melalui progran dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Kami ada skim untuk pembiayaan KUR, saya rasa program ini sangat cocok dengan harapan itu,” ucap Adi.

Dana KUR yang disiapkan bisa mencapai ratusan juta rupiah, yang dimulai dari Rp 50 juta untuk usaha mikro, hingga Rp 500 juta bagi retail.

Namun kata Adi, agar program ini terfokus, disarankan agar dilakukan secara piloting, sehingga sasarannya tidak bias dan memudahkan pihak perbankan melakukan evaluasi.

“Jadi, kapan saja diminta, kami siap membantu Pemerintah Kota Gorontalo,”  ujarnya.

Pertemuan berikutnya direncanakan akan mempersentasekan program integrasi antara BNI dan Pemerintah Kota Gorontalo, serta tindak lanjut program pengembangan UMK di Kota Gorontalo. (Inkri/Adv)